Rajin Jalan Pagi Bisa Turunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

oleh
Rajin Jalan Pagi Bisa Turunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Seringkali kita dengar, ada cukup banyak pasien yang menderita penyakit hipertensi yang mengaku kesulitan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuhnya.

Beragam cara telah mereka coba, baik itu dengan menjalankan program diet atau ada juga yang mencoba mengatasi tekanan darah tinggi yang mereka alami dengan mengonsumsi obat herbal.

Namun, ada satu cara yang tak banyak orang tahu bahwa untuk menurunkan tekanan darah darah tinggi yang di alami bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan menyenangkan, yakni dengan rutin jalan pagi.

Penasaran, mengapa jalan kaki pada pagi hari memiliki efek ayng baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Rajin Jalan Pagi Untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi

Berolahraga merupakan salah satu cara yang cukup efektif dan murah meriah untuk menjaga tubuh tetap bugar, karena memberikan banyak manfaat kesehatan bagi organ kardiovaskular, misalnya jantung dan pembuluh darah.

Kendati demikian, tidak banyak orang yang bisa melakukan olah raga secara rutin karena berbagai macam alasan, misalnya terkendala berbagai macam kesibukan aktifitas pekerjaan atau memang karena memang pada dasarnya malas melakukan aktivitas fisik seperti olah raga.

Padahal, menurut pakar kesehatan, olahraga tak harus dilakukan dengan ngoyo yang menguras energi. Olah raga yang sederhana dan ringan seperti jalan pagi misalnya sudah cukup untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menurunkan tekanan darah, baik itu bagi mereka yang sehat ataupun yang mereka yang menderita hipertensi.

Baca Juga :  Tips Agar Tidak Terkena Sakit Wasir atau Ambeien

Dengan rutin berolahraga terutama jalan pagi, maka organ jantung akan terlatih dengan lebih kuat sehingga akan lebih efektif kinerjanya dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Imbasnya, hal tersebut akan semakin memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, pembuluh darah akan menjadi semakin sehat dan tekanan darah pun perlahan semakin menurun dan normal.

Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang menyebutkan, bahwa rutin berjalan kaki maka akan menurunkan tekanan darah sistolik hingga 4-9 mmHg.

Bagi orang dengan kondisi tubuh yang sehat, penurunan tekanan darah tersebut akan membuat organ kardiovaskular semakin sehat dan mencegah resiko datangnya ancaman penyakit berbahaya.

Sementara bagi penderita hipertensi,kondisi ini bisa membantu mencegah datangnya komplikasi penyakit berbahaya lain akibat hipertensi seperti penyakit jantung maupun penyakit stroke.

Untuk merasakan manfaaat kesehatan dari berjalan kaki pada pagi hari ini, bisa dicoba dengan cara berjalan kaki minimal 3 kali dalam seminggu atau dengan total keseluruhan sekitarĀ  150 menit setiap minggu secara berturut-turut selama 3 bulan.

Semakin sering kita rutin olah raga jalan pagi, maka manfaatnya akan semakin cepat kita rasakan. Kita bisa berjalan kaki dengan santai keliling komplek perumahan sembari menikmati matahari pagi ditemani orang terkasih selama 30 menit setiap harinya.

Namun perlu diingat, khusus bagi penderita hipertensi, meski sudah rutin olah raga jalan pagi penderita juga harus benar-benar mengubah pola gaya hidup mereka, misalnya mengurasi asupan garam atau makanan asin, tidur yang cukup, mengelola stres, hingga rutin minum obat yang diberikan oleh dokter dan di imbangi dengan rutin berjalan kaki setiap pagi.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Bahan Alami

Anda bisa mencoba menerapkan rutinitas yang menyehatkan ini sejak dini, untuk memperoleh manfaat yang baik bagi kesehatan terutama guna menurunkan tekanan darah dalam tubuh anda.

Hal-hal Lain yang Harus diperhatikan Jika ingin menurunkan Tekanan Darah

Selain dengan rutin berolahraga, ada beberapa lain yang juga harus diperhatikan jika ingin menurunkan tekanan darah.

Karena, olah raga saja tak cukup jika tidak diimbangi dengan pla hidup yang sehat. Berikut adalah beberapa hal yang harus di perhatikan.

  1. Jaga berat badan tetap ideal

Semakin naik berat badan seseorang, maka akan semakin rentan atau beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Karena itu, pastikan untuk selalu menjaga berat badan tetap ideal guna menjaga tekanan darah tetap normal.

Jika saat ini berat badan kita lebih dari ambang batas normal, maka sebaiknya ambil langkah yang tepat dengan segera ikut program menurunkan berat badan demi menjaga kesehatan anda dan membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Kurangi asupan garam atau batasi makanan asin.

Garam atau makanan dengan kandungan garam berlebih juga memicu terjadinya penyakit darah tinggi. Salah satu cara yang cukup efektif untuk menghindari resiko tersebut adalah dengan menurunkan asupan garam yang kita konsiumsi.

Baca Juga :  Merasakan Mual Setelah Makan, Berikut Ini Tips Mengatasinya

Batasi pemberian garam dalam makanan yang kita masak, atau hindari mengkonsumsi makanan yang di kenal dengan cita rasa asinnya yang berlebih.

  1. Terapkan pola makan yang sehat

Perbanyak konsumsi makanan yang sehat, bergizi dan seimbang seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu rendah lemak. Sebaiknya, untuk menghindari makanan dengan kandungan tinggi kolesterol seperti gorengan atau makanan cepat saji.

  1. Berhenti merokok atau hindari asap rokok

Dalam asap rokok memiliki kandungan beracun yang dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Jika kita bukan perokok, sebaiknya untuk menghindari terkena kepulan asap rokok dari orang lain. Jika anda adalah perokok aktif, sebaiknya mulai kini hentikan kebiasan merokok yang dapat merusak kesehatan anda.

  1. Selalu rutin cek tekanan darah

Meski anda belum didiagnosis memiliki penyakit hipertensi, namun ada baiknya untuk tetap rutin mengecek tekanan darah setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun.

Dengan demikian, kita bisa mengetahui kondisi tekanan darah kita untuk selanjutnya menerapkan gaya hidup yang tepat demi menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi yang normal.