Beberapa Gejala Keputihan Yang Patut di Waspadai

oleh
Beberapa Gejala Keputihan Yang Patut di Waspadai

Beberapa Gejala Keputihan Yang Patut di Waspadai – Keputihan yang di alami oleh wanita, sebenarnya merupakan suatu hal yang wajar terjadi.

Keputihan sendiri merupakan keluarnya lendir dari organ intim kewanitaan yang dihasilkan oleh kelenjar di dalam leher rahim dan dinding vagina.

Lendir ini merupakan bagian dari proses dan cara alami tubuh wanita dalam mencegah infeksi serta menjaga kebersihan organ intim. Namun, terkadang pada kondisi tertentu keputihan bisa juga bisa berbahaya jika disertai gejala lain yang tak wajar.

Keputihan yang normal pada wanita pada umumnya lebdir yang keluar akan berwarna putih atau bening, bertekstur agak lengket dan licin, serta tidak menimbulkan bau, nyeri, atau rasa gatal.

Namun, jika anda mengalami keputihan namun disertai gejala-gejala lain, sebaiknya Anda perlu waspada. Karena bisa jadi ini merupakan tanda-tanda jika Anda tengah mengalami keputihan yang abnormal dan berbahaya.

Berikut Ini Adalah Beberapa Gejala Keputihan yang Perlu Diwaspadai

Jika Anda mengalami keputihan namun disertai dengan munculnya gejala lain bisa jadi pertanda adanya masalah pada organ intim kewanitaan anda. Gejala keputihan yang tak normal yang perlu di waspadai adalah:

  • Jika Keputihan namun disertai rasa gatal

Jika anda mengalami keputihan yang disertai dengan rasa gatal biasanya hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida albicans pada area organ intim anda. Selain rasa gatal, penderita yang mengalami kondisi ini biasanya akan mengalami pembengkakan pembengkakan organ intim, kemerahan di area vulva, merasakan nyeri saat buang air kecil atau ketika berhubungan intim, serta akan muncul ruam di sekitar area kewanitaan.

  • Lendir Keputihan berwarna kuning atau hijau

Jika lendir keputihan anda berwarna kuning atau hijau, sebaiknya anda harus ekstra waspada dan segera mengatasi masalah ini. Pasalnya, beberapa penyakit kelamin seperti gonore, klamidia, dan trikomoniasis timbul dengan ciri lendir berwarna kuning atau kehijauan saat keputihan.

Selain itu, penyakit kelamin tersebut timbul dengan gejala lain seperti tekstur keputihan lebih encer, sakit di area perut bagian bawah atau nyeri panggul, nyeri saat buang air kecil, organ intim berbau, dan biasanya akan terjadi perdarahan ketika selesai melakukan hubungan intim.

  • Lendir keputihan berwarna abu-abu dan berbau menyengat

Lendir yang keluar berwarna abu-abu dan berbau menyengat saat keputihan, bisa saja merupakan tanda bahwa Anda sedang menderita infeksi bakteri (vaginosis bakterialis).

Kondisi ini biasanya timbul akibat terganggunya sistem keseimbangan bakteri di area kewanitaan. Selain lendir keputihan berwarna dan berbau, wanita yang mengalami gejala seperti ini juga akan merasakan rasa nyeri saat buang air kecil dan organ intim yang terasa gatal.

  • Jika keputihan disertai dengan demam

Jika anda mengalami keputihan dengan disertai demam, hal tersebut merupakan salah satu tanda bahaya yang harus diwaspadai. Munculnya demam pada saat keputihan menandakan adanya reaksi perlawanan tubuh terhadap kuman yang menyebabkan infeksi. Kondisi seperti ini harus segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter lebih lanjut.

  • Keputihan disertai dengan keluarnya darah

Gejala keputihan lainnya yang patut diwaspai dan cukup berbahaya adalah  salah satunya jika keputihan yang anda alami  disertai dengan perdarahan organ intim di luar menstruasi atau haid rutin, atau jikaanda telah memasuki usia menopause.

Keputihan yang disertai keluarnya darah merupakan salah satu tanda gejala keputihan yang tidak normal dan dinilai cukup berbahaya bagi kesehatan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi, radang panggul, dan kanker serviks, oleh karena itu perlu di periksakan lebih lanjut ke dokter spesalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *