Badan Gampang Capek, Bisa Jadi Itu Gejala Gagal Ginjal. Waspada!

oleh
Badan Gampang Capek, Bisa Jadi Itu Gejala Gagal Ginjal. Waspada!

Penyakit gagal ginjal, meski tergolong penyakit yang cukup mengerikan namun banyak orang yang mengabaikannya. Pasalnya, gejala gagal ginjal yang dirasakan oleh penderita seringkali tak di anggap, karena secara umum gejalanya sama dengan penyakit biasa.

Organ ginjal pada tubuh manuasia bekerja untuk menyaring kelebihan air dan limbah dari darah untuk kemudian dikeluarkan sebagai urine.

Selain itu, organ ginjal juga berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Penyakit gagal ginjal bisa terjadi ketika oragan ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat lagi menyaring darah seperti sebagaimana mestinya.

Kerusakan organ ginjal inilah yang dapat menyebabkan limbah racun menumpuk dalam tubuh, sehingga berpotensi menimbulkan komplikasi penyakit lainnya yang lebih serius.

Beberapa Ciri dan Gejala Gagal Ginjal Yang Patut Diwaspadai

Gejala gagal ginjal seringkali nampak seperti gejala penyakit lainnya. Hal ini yang kemudian menjadikan seseorang kurang begitu menyadari jika sebenarnya mereka sedang mengalami disfungsi ginjal.

Oleh karena itu, berikut ini akan kami berikan beberapa ciri dan gejala gagal ginjal yang patut anda waspadi sejak dini:

  • Ketika buang air kecil, warna urine berubah

Gejala gagal ginjal yang pertama yang harus diwaspadai adalah perubahan warna urine ketika buang air kecil menjadi lebih keruh dari biasanya.

Gejala ini biasanya gejala yang umum terjadi dan paling awal yang bisa diteksi. Selain itu, gejala yang timbul juga disertai dengan kebiasaan buang air kecil Anda juga bisa berubah; entah jadi lebih sering atau lebih jarang buang air kecil.

Bahkan, jika seseorang terindikasi mengidap gagal ginjal akut, ada kemungkinan air kencing yang keluar akan disertai dengan bercak darah. Dalam beberapa kasus, sering juga di temui cairan urine menjadi berbusa ketika buang air kecil.

  • Tubuh jadi gampang capek dan lemas

Ketika organ ginjal seseorang dalam kondisi sehat,  akan terus memproduksi hormon eritropoietin secara teratur untuk meningkatkan produksi sel darah merah baru.

Namun, ketika ginjal mengalami kegalalan dalam menjalankan fungsinya, maka produksi hormon eritropoetin akan menjadi menurun.

Sehingga produksi sel darah merah yang membawa oksigen pun menurun. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh jadi mudah capek jika terindikasi mengidap gagal ginjal.

  • Beberapa anggota tubuh akan terlihat membengkak

Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah. ketika ginjal sudah rusak dan tidak bisa lagi menyaring limbah kotoran maka akan ada banyak protein yang terbuang ke dalam urin.

Nah, kurangnya protein dalam darah inilah yang dapat menyebabkan tungkai tangan dan kaki seseorang akan terlihat membengkak. Selain itu, seseorang yang mengalami disfungsi ginjal juga mungkin mengalami pembengkakan pada wajah dan kedua mata.

  • Sering mengalami gatal-gatal

Terganggunya fungsi dan kerja dari organ ginjal seseorang akan membuat kotoran sisa metabolisme menjadi menumpuk, yang akan berdampak buruk pada kulit. Sehingga ketika seseorang tengah mengidap gagal ginjal maka akan menimbulkan rasa gatal, ruam kemerahan, serta kulit kering.

Namun sayangnya, rasa gatal karena gejala sakit ginjal seringkali diabaikan, karena banyak yang tak menyadarinya dan mengganggap hal itu hanya sakit gatal biasa.

  • Selalu mual dan ingin muntah

Kebanyakan penyakit akan meunjukan gejala yang sama, misalnya mual dan muntah. Hal ini yang menjadikan seseorang tidak terlalu peduli jika mengalami mual atau muntah, karena dikiranya  hanya sakit biasa, misalnya masuk angin.

Namun dalam kasus penyakit ginjal, gejala gagal ginjal seperti mual dan muntah terjadi akbiat tumpukan limbah dan kotoran dalam darah tidak berhasil dikeluarkan dari dalam tubu.

Hal tersebut yang menyebabkan terganggunya pusat refleks muntah di otak dan sistem pencernaan, sehingga terjadilah mual dan muntah.

  • Sering mengalami sesak nafas

Tidak berfungsinya organ ginjal dengan baik akan membuat cairan masuk ke dalam paru-paru melalui darah. Hal ini yang menyebabkan tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup di dalam tubuh, terutama bagian organ paru-paru.

Kurangnya oksigen yang ada dalam darah membuat tubuh Anda sulit berfungsi secara maksimal sehingga menyebabkan napas menjadi terengah-engah, bahkan akan terjadi kesulitan atau sesak nafas.

  • Mengalami sakit pinggang

Bukan hanya sakit pinggan biasa, sering kali sakit pinggang pada bagian pinggang, baik kanan ataupun kiri, juga di tengarai sebagai gejala gagal ginjal.

Gejala seperti ini bisa saja disebabkan oleh adanya batu ginjal. Biasanya gejala dari adanya batu ginjal seringkali tidak terlalu kelihatan jelas . Namun kemungkinan besar biasaya akan menimbulkan rasa nyeri pada pinggang akibat terjepitnya batu ginjal dalam ureter.

  • Sudah konsentrasi dan sering pusing

Ketika organ ginjal seseorang tidak dapat bekerja dengan baik, maka aliran oksigen akan sulit disuplai ke seluruh tubuh, terutama ke otak. Kurangnya asupan dan suplai oksigen ke otak ini yang memicu terjadinya pusing, susah  berkonsentrasi, daya ingat yang melemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *