Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Gejala Diabetes Pada Anak

oleh
Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Gejala Diabetes Pada Anak

Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Gejala Diabetes Pada Anak – Selama ini penyakit diabetes selalu identik dengan penderita yang sudah berumur tua. Padahal, penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar glukosa dalam darah ini bisa juga terjadi pada penderita yang masih anak-anak.

Biasanya, penyakit diabetes yang menyerang anak-anak adalah penyakit diabetes tipe 1. Dalam dunia kesehatan, penyakit diabetes di bagi menjadi dua yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Lalu, apa itu penyakit diabetes tipe 1?  Mengapa penyakit ini bisa terjadi pada penderita usia anak-anak? . Untuk informasi lebih detail, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Penyakit Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 adalah kondisi kesehatan dimana terjadinya gangguan pada fungsi pankreas, sehingga pankreas itu sendiri tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup.

Insulin merupakan hormon yang dilepaskan oleh kelenjar pankreas untuk membantu tubuh menyerap gula atau glukosa, sehingga kadar gula darah tetap terkontrol.

Diabetes tipe 1 atau yang dikenal dengan nama diabetes juvenil atau insulin dependent diabetes mellitus (IDDM) inilah yang merupakan tipe penyakit diabetes yang sering menyerang anak-anak.

Anak-anak yang menderita penyakit diabetes tipe 1, diduga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh mereka yang salah dalam melawan ancaman atau yang membahayakan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh pada anak-anak yang menderita penyakit diabetes tipe 1 justru menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas. Akibatnya, kemampuan kelenjar pankreas anak dalam menghasilkan insulin menjadi berkurang atau terganggu.

Baca Juga :  Gejala Impetigo Pada Anak Yang Harus Orang Tua Ketahui

Hal itu berakibat adanya gula darah yang banyak menumpuk dalam aliran darah si anak dan menyebabkan kadar gula darah anak menjadi naik dan tidak terkontrol. Selain itu, para ahli kesehatan juga menduga jika genetika (faktor keturunan) juga memiliki peran penting dalam kasus ini.

Anak-anak yang rentan terkena penyakit Diabetes tipe 1 ini umumnya adalah anak dengan usia antara 7-12 tahun. Apabila anak-anak didiagnosa tekena penyakit diabetes tipe 1, maka penderita akan sangat bergantung pada suntikan insulin  setiap hari untuk mengontrol kadar gula darahnya.

Gejala Diabetes Pada Anak

Dalam beberapa kasus, biasanya gejala diabetes pada anak ini muncul dengan sangat cepat, hanya dalam hitungan minggu, sehingga para orang tua tidak begitu menyadarinya. Berikut ini adalah gejala-gejala diabetes tipe 1 pada anak yang patut di perhatikan:

  • Anak sering minta minum (haus) yang berlebihan dan sering buang air kecil

Karena meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh si anak, maka secara otomatis tubuh akan meresponnya dengan cara menghilangkan glukosa ekstra tersebut melalui ginjal

Hal ini menyebabkan anak akan lebih sering buang air kecil dalam jumlah banyak. Karena banyak cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh, akibatnya anak akan merasa sering haus, dan sering minta minum.

  • Sering merasa lapar
Baca Juga :  Mengenal Penyakit Menular Seksual (PMS) dan Cara Pencegahannya

Selain rasa haus yang berlebihan, gejala diabetes pada anak juga di tandai dengan anak yang sering merasa lapar. Ketika tubuh anak tidak menghasilkan cukup banyak insulin, maka akibatnya glukosa atau kadar gula dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anak tidak mampu diserap tubuh secara maksimal.

Hal ini akan membuat sel-sel dalam tubuh anak, seperti sel di otot dan organ anak, akan kekurangan energi untuk melakukan aktivitasnya, yang berakibat anak akan lebih sering merasa lapar.

  • Berat badan yang menurun

Meski sering makan dalam jumlah yang cukup banyak, namun biasanaya gejala diabetes pada anak akan di tandai dengan berat badannya yang cenderung terus menurun.

Ketika tubuh tidak mampu menyerap glukosa atau gula darah yang masuk kedalam dalam tubuh, maka akibatnya  jaringan otot dan cadangan lemak akan semakin menyusut, yang berimbas pada penurunan berat badan pada anak. Gejala berupa penurunan berat badan biasanya menjadi tanda awal jika anak terindikasi menderita diabetes tipe 1.

  • Sering kelelahan

Karena tubuh anak tidak dapat menyerap gula dari makanan dengan maksimal maka akan membuat kndisi tubuhnya memiliki kekurangan energi. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh anak tidak mendapatkan energi yang cukup, sehingga anak bisa mengalami kelelahan dan anak terlihat lesu.

  • Emosi menjadi tak terkontrol dan mudah marah
Baca Juga :  Bahan Herbal Berikut Ini Cukup Ampuh Untuk Mencegah Penyakit Leukemia

Tak hanya tanda-tanda secara fisik, gejala diabetes pada anak juga di tandai dengan emosinya yang tidak stabil dan tidak terkontrol.

Anak dengan gejala diabetes tipe 1 dapat tiba-tiba marah atau murung dengan alsan tang tidak jelas.

  • Adanya infeksi jamur

Gejala diabetes pada anak ini, umumnya akan terlihat pada anak perempuan. Terutama anak perempuan yang belum mengalami pubertas dan terindikasi terkena penyakit diabetes tipe 1 mungkin memiliki infeksi jamur pada organ intimnya.

Demikian beberapa gejala diabetes pada anak yang harus di ketahui oleh para orang tua sejak dini. Jika gejala-gejala diabetes tipe 1 pada anak seperti yang sudah disebutkan di atas tidak segera di tenangai dengan tepat, anak bisa saja akan mengalami sakit perut, mual, muntah, bau mulut, kesulitan bernapas, dan bahkan kehilangan kesadaran.

Hal tersebut bisa terjadi karena zat keton mulai terbentuk dalam tubuh anak. Kondisi ini biasa disebut dengan istilah ketoasidosis. Karena itu jika anak anda mulai menunjukan gejala di atas, untuk sesegera mungkin memeriksakan anak ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lengkap dan penanganan yang tepat.

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *