Diabetes Melitus Tipe 2, Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya

oleh
Diabetes Melitus Tipe 2, Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya

Jika mendengar penyakit diabetes melitus tipe 2, mungkin banyak orang tidak begitu paham dengan penyakit ini. Tapi jika disebut sebagai penyakit kencing manis, maka sudah pasti akan banyak yang paham dan mengerti.

Pasalnya, penyakit diabetes melitus tipe 2 atau disebut juga diabetes tipe 2 (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus) adalah kondisi di mana terdapat tingkat kadar gula (glukosa) dalam darah yang cukup tinggi. Sehingga hal ini sering juga disebut sebagai penyakit kencing manis.

Tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah tersebut disebabkan karena tubuh tidak menggunakan hormon insulin secara normal. Hormon insulin itu sendiri adalah merupakan hormon yang membantu gula (glukosa) masuk ke dalam sel tubuh untuk diubah menjadi energi yang berguna untuk mendukung aktifitas kita sehari-hari.

Secara umum, penyebab diabetes melitus tipe 2 ini adalah karena terjadinya gangguan pengiriman gula ke sel tubuh akibat produksi pankreas yang tidak mencukupi atau sel lemak dan otot tubuh menjadi retensi terhadap insulin.

Gejala awal munculnya penyakit diabetes melitus tipe 2 dalam tubuh

Jika seseorang terindikasi menderita penyakit diabetes tipe 2 ini, akan nampak beberapa gejala yang umum dapat dijumpai seperti timbulnya bagian tubuh yang menghitam, luka sulit sembuh, hingga penglihatan kabur.

Kendati demikian, gejala-gejala yang nampak tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat muncul dan dirasakan penderitanya. Bahkan, tak jarang kondisi seperti ini tidak disadari oleh penderita hingga komplikasi terjadi.

Selain gejala di atas, gejala awal munculnya penyakit diabetes melitus tipe 2 dapat di tandai dengan dengan:

  • Rasa lapar dan haus yang meningkat
  • Sering buang air kecil, terutama pada malam hari
  • Jika terdapat luka, maka akan lambat sembuh
  • Pandangan menjadi buram
  • Sering merasa lelah
  • Berat badan menurun drastis
  • Sering mengalami rasa sakit atau mati rasa pada kaki dan tangan
  • Sering mengalami kram atau kesemutan
  • Pada wanita akan merasa gatal pada organ intim
  • Pada pria, akan mengalami disfungsi ereksi atau impoten

Cara Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit diabetes melitus tipe 2, sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan cara menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, sehingga tidak menimbulkan tingginya kadar gula dalam darah.

Selain itu, dalam mencegah datangnya diabetes tipe 2 anda juga bisa menerapkan cara-cara berikut:

  1. Jika anda memiliki berat badan berlebih, ada baiknya mulai sekarang segara lakukan program diet sehat untuk menurunkan berat badan anda. Pasalnya, mereka yang memiliki kelebihan berat badan lebih rentan terkena penyakit diabetes tipe 2.
  2. Rutin melakukan olah raga ringan selama 15-60 menit, minimal 3 kali dalam seminggu. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan yaitu: jalan kaki, renang, senam dan bersepeda
  3. Kurangi konsumsi gula secara berlebihan, serta hindari jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung gula seperti soft drink, permen, es krim, roti manis dan lain sebagainya.
  4. Rutin melakukan pemerikasaan kesehatan ketika usia anda memasuki usia 40an tahun. Cari tahu juga informasi mengenai silsialah dalam keluarga anda yang mempunyai riwayat penyakit diabetes melitus tipe 2.
  5. Untuk penderita penyakit ini terutama wanita yang tengah hamil, disarankan untuk melakukan perawatan prenatal dini secara teratur agar dapat meningkatkan kesehatan ibu dan janin.

Mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2 ini lebih penting dari pada harus mengobatinya. Karena jika penyakit ini sudah menimpa, maka penderita akan lebih rentan terkena penyakit komplikasi yang lebih berbahaya seperti Penyakit jantung, Kelainan kulit, Penyakit Alzheimer serta Gangguan pendengaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *