Inilah Dampak Buruk SunScreen Untuk Kesehatan

oleh
Inilah Dampak Buruk SunScreen Untuk Kesehatan

Inilah Dampak Buruk SunScreen Untuk Kesehatan – Penggunaan Sunscreen atau tabir surya tentu sangat efektif untuk menjaga kulit dari sinar UV A dan UV B. Namun, tahukah Anda bahwa bahan-bahan dalam sunscreen ternyata berdampak buruk bagi kesehatan?

Sebagaimana dipublikasikan oleh Global Healing Center (21/7/2018) berikut beberapa dampak buruk penggunaan sunscreen yang harus Anda waspadai.

1. Meningkatkan Resiko Kanker

Dampak buruk SunScreen untuk kesehatan yang paling menakutkan adalah meningkatnya resiko terkena penyakit kanker. Komposisi utama sunscreen adalah Avobenzone. Bahan ini bekerja secara efektif untuk menyerap UV (Ultraviolet). Tidak sedikit bahan kecantikan yang menggunakan Avobenzone, sebab telah diklaim sebagai bahan kimia yang aman.

Faktanya, sebuah penelitian terbaru menunjukkan hasil yang mencengangkan. Ketika bahan tersebut terkena sinar matahari, maka akan memicu pelepasan radikal bebas. Dengan demikian, resiko kanker dapat meningkat.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus dihindari

2. Mengganggu Sistem Saraf

Hampir seluruh produk sunscreen dibuat dengan tambahan wewangian untuk membuat para penggunanya tertarik dan dapat menggunakannya dengan nyaman. Namun, tahukah Anda apa saja resiko yang ada dalam penambahan bahan tersebut?

Tambahan bahan wewangian buatan sangat berpotensi dapat mengganggu sistem saraf. Masalah lain yang bisa terjadi adalah alergi serta cacat lahir.

3. Meningkatkan Resiko Kanker Kulit

Tidak sedikit orang yang mencoba mencegah kanker kulit dengan menggunakan sunscreen. Ironisnya, produk sunscreen dapat menjadi biang utama mengapa seseorang bisa terkena kanker kulit.

Hal ini dikarenakan adanya bahan Oxybenzone. Bahan yang satu ini memiliki peran yang sama seperti bahan Avobenzone. Walaupun keduanya merupakan bahan utama yang ada pada berbagai produk sunscreen, namun Oxybenzone ternyata diketahui lebih beracun.

Tak tanggung-tanggung, seseorang yang menggunakan produk sunscreen dengan bahan aktif tersebut memiliki resiko melanoma yang lebih besar.

Baca Juga :  Rambut Bercabang ?, Begini Cara Mengatasinya Dengan Benar

4. Mengganggu Hormon Estrogen

Dampak buruk SunScreen untuk kesehatan yang juga patut di waspadai adalah terganggunya hormon estrogen dalam tubuh pemakainya. Biasanya Sunscreen juga dibuat dengan tambahan bahan yang disebut sebagai Parabens.

Parabens sendiri adalah salah satu bahan pengawet yang juga sering digunakan di berbagai produk kecantikan lainnya. Bahan kimia ini ternyata bisa menganggu performa hormone estrogen.

Dalam dunia kesehatan, Parabens juga sering dikaitkan dengan berbagai masalah mengerikan, seperti infertilitas, obesitas, alergi, asma, bahkan tumor jinak pada rahim. Tidak berhenti disitu, Parabens juga menjadi alasan utama seseorang terkena kanker payudara serta perkembangan abnormaltstis.

5. Mengganggu Janin Yang Berkembang

Hal ini mengejutkan sekali, sebab pemicunya adalah tambahan Vitamin A pada produk sunscreen yang mungkin sedang Anda gunakan.

Menurut penelitian, Vitamin A berbentuk Retinyl Palmitate ini bisa berbahaya, terutama jika terkena sinar UV. Sebab, kondisi ini akan menciptakan radikal bebas. Sehingga, memungkinkan terjadinya mutasi genetik dan meningkatkan resiko kanker.

Baca Juga :  Kulit Wajah Berminyak, Begini Cara Merawatnya

Hal lainnya yang harus Anda waspadai dari dampak buruk SunScreen untuk kesehatan adalah jika Anda menggunakan produk berbahan Retinyl Palmitate setiap hari ketika sedang hamil,  maka bahan tersebut malah bisa menjadi racun yang mengganggu perkembangan janin Anda.

Nah, itulah beberapa dampak buruk SunScreen untuk kesehatan serta alasan mengapa Anda perlu mengevaluasi penggunaan sunscreen walaupun dengan alasan untuk melindungi kulit.

Tentunya, Anda bukan tipikal orang yang ingin mendapatkan sesuatu, namun harus menerima sesuatu yang lebih buruk dari yang anda bayangkan, bukan?