Beberapa Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

oleh
Beberapa Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

-Beberapa Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung- Saat ini penyakit jantung menduduki peringkat teratas penyebab kematian di seluruh dunia. Organisasi kesehatan dunia atau WHO merilis data pada 2017 lalu, jika satu dari 10 orang yang berusia 30 – 70 tahun meninggal akibat serangan jantung.

Penyebab utamanya adalah gaya hidup modern dimana masyarakat masa kini lebih sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan makanan tinggi kalsium, lemak, gula, dan garam yang kesemuanya itu rata-rata di temukan dalam menu makanan siap saji.

Oleh karena itu, untuk terhindar dari resiko penyakit jantung ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan sehat yang berguna untuk kesehatan jantung serta menjalani pola hidup yang sehat.

Untuk menjaga jantung kita tetap sehat dan berfungsi normal, di butuhkan nutrisi berupa senyawa fitonutrien yang berfungsi untuk menyehatkan jantung dan membatu agar jantung dapat bekerja dengan baik.

Senyawa fitonutrien ini biasanya terdapat pada jenis makanan berupa sayur dan buah-buahan tertentu. Di dalam tumbuh-tumbuhan, senyawa fitonutrien ini berfungsi untuk melindungi tumbuhan dari serangan kuman, jamur atau hama pengganggu lainnya, sedangkan bagi manusia senyawa ini berfungsi untuk membantu kinerja organ tubuh terutama jantung agar bekerja lebih baik.

Pada kesempatan kali ini, JalanSehat akan memberikan beberapa daftar jenis makanan yang mengandung senyawa fitonutrien yang baik untuk kesehatan jantung kita, berikut beberapa di antaranya:

Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang merah dengan porsi kira-kira tiga cangkir dalam seminggu ternyata sangat baik bagi kesehatan jantung kita. Kacang merah kaya akan senyawa fitonutrien yang baik untuk jantung.

Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, mengkonsumsi kacang merah juga dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas yang merupakan penyebab penyakit berbahaya seperti kanker, Parkinson, dan Alzheimer. Hal itu dikarekanakan kacang merah juga kaya akan anti oksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Biji-bijian

Bahan makanan biji-bijian seperti gandum, beras merah, atau jagung juga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Selain itu, makanan biji-bijian tersebut dapat di gunakan sebagai sumber utama karbohidrat pengganti nasi.

Dengan mengkonsumsi jenis makanan tersebut ternyata dapat menurunkan resiko terkena berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Hal tersebut karena biji-bijian mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral (zat besi, zinc, dan magnesium) yang baik untuk kesehatan yang mengkonsumsinya.

Buah Apel

Jika mengkonsumsi buah yang satu ini, 1 atau 2 buah perhari di percaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain senyawa fitonutrien yang terkandung didalamnya yang baik untuk kesehatan jantung, apel juga mengandung senyawa epicatechin.

Zat ini merupakan senyawa yang kaya akan anti oksidan yangberfungsi untuk membantu mengurangi tekanan darah yang mengkonsumsinya, selain itu apel jug afektif mengurangi kadar kolestrol jahat dalam tubuh serta berfungsi untuk menyeimbangkan gula darah.

Buah Anggur

Buah anggur menurut beberapa penelitian kesehatan juga jenis buah-buahan yang baik di konsumsi untuk kesehatan jantung. Mengandung banyak serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung, buah anggur juga baik untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Bawang putih

Bahan makanan ini merupakan jenis bahan makanan yang umum di temukan dalam bumbu masakan.Dengan ciri khas aromanya yang cukup menyengat, ternyata bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung.

Minuman Teh Hijau

Dari hasil penelitian, orang yang rutin mengkonsumsi minuman teh hijau kurag lebih lima cangkir dalam sehari juga dapat terhindar dari resiko kematian akan serangaan jantung maupun stroke. Kendati demikian, mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan juga memiliki efek buruk yakni menigkatnya resiko terkena penyakit batu ginjal.

Oleh karena itu, minum teh hijau juga harus di barengi dengan memperbanyak minum air putih agar saluran pembuangan air kecil tetap lancar dan tidak terganggu

Disamping mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, ada baiknya untuk membatasi mengkonsumsi makanan dengan kadar garam berlebih. Rubah pola hidup dengan mengikuti pola hidup sehat serta berolah raga secara rutin serta mengindari merokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *