Berbeda Dengan Sakit Kepala Biasa, Ini Ciri-Ciri Penyakit Vertigo Yang Harus Anda Tahu

oleh
Berbeda Dengan Sakit Kepala Biasa, Ini Ciri-Ciri Penyakit Vertigo Yang Harus Anda Tahu

Ketika seseorang mengalami sakit kepala seperti rasa pusing yang teramat sangat, kepala serasa berputar bisa saja itu bukan sakit kepala biasa, melainkan sedang menderita penyakit vertigo.

Penyakit vertigo sendiri sebenarnya ada dua jenis yakni vertigo perifer dan vertigo sentral. Penyakit Vertigo perifer disebabkan oleh adanya masalah atau ganguan organ kecil pada telinga bagian dalam,  yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan otak guna mengontrol keseimbangan, hal ini dapat disebabkan oleh pemakaian obat-obatan tertentu dan cedera kepala yang cuku parah.

Sedangkan jenis penyakit vertigo sentral biasanya disebabkan oleh adanya masalah di wilayah otak yang disebut cerebellum (yang juga mengontrol keseimbangan) atau batang otak, yang berfungsi untuk mentransmisikan pesan antara cerebellum dan sumsum tulang belakang.

Namun, kebanyakan orang tidak sadar jika mengalami sakit kepala yang di rasakan tersebut sebenarnya adalah gejala penyakit vertigo. Bahkan tak jarang banyak yang mengabaikan meremehkan sakit kepala vertigo ini.

Karena itu, jika anda sering mengalami sakit kepala yang berbeda dari biasanya harus waspada. Kenali sejak dini ciri-ciri penyakit vertigo agar dapat penanganan yang tepat.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi

Ini Ciri-Ciri Penyakit Vertigo Yang Harus Anda Tahu

Sama halnya dengan sakit kepala pada umumnya, gejala penyakit vertigo yang paling sering di rasakan adalah pusing, sensasi kepala berputar atau kepala kliyengan, serta kehilangan keseimbangan.

Akan tetapi, jika pusing yang dirasakan adalah pusing dengan perasaan berputar, seakan-akan anda atau sekeliling anda bergerak, padahal hanya berdiri diam saja, hal itu bisa dipastikan gejala utama dari vertigo.

Selain rasa pusing yang teramat sangat serta sensasi seperti berputar tersebut, berikut ini beberapa ciri dan gejala penyakit vertigo yang patut anda waspadai:

  • Mengalami Mual dan Muntah

Ketika vertigo sedang kambuh, selain rasa pusing biasanya penderita akan mengalami rasa mual yang cukup menyiksa. Hal ini membuat penderita akan merasa kesulitan juga untuk menelan makanan. Bahkan dalam beberapa kasus ditemukan bahwa, penderita vertigo akan mengalami muntah.

  • Pergerakan Bola Mata yang Tidak Normal (nistagmus)

Apakah anda pernah mengalami pusing, mata gelap, dan tidak seimbang ketika bangun dari tempat tidur? Hal tersebut bisa mengindikasikan gejala dari penyakit vertigo.

Baca Juga :  Berbagai Hal yang Harus Wanita Ketahui Seputar KB Implan atau Susuk

Pandangan mata yang mendadak menjadi gelap diakibatkan oleh nystagmus, yaitu kondisi di mana mata bergerak secara tidak normal dan tak terkendali.

  • Tubuh Berkeringat Hingga Pingsan

Penderita yang mengalami vertigo, juga di tandai dengan pingsan atau sinkop. Kondisi kehilangan kesadaran yang terjadi secara tibda-tiba dan dalam waktu singkat ini, disebabkan karena tidak tercukupinnya suplai oksigen dan zat makanan lainnya ke otak. Dimana hal ini terjadi biasanya disebabkan oleh berkurangnya aliran darah yang bersifat sementara.

  • Mengalami Telinga Berdenging (Tinnitus ) dan Hilangnya Pendengaran Sementara

Saat penyakit vertigo ini kambuh, penderita juga akan mengalami gangguan pendengaran pada tahap awal dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun apabila berkurangnya penderangan ini semakin parah, bisa saja penderita mengalami meniere (perbedaan tekanan dalam telinga), tinnitus (telinga berdenging) atau labirinitis (adanya infeksi yang berhubungan dengan keseimbangan).

  • Merasakan Sensasi Akan Terjatuh

Saat mengalami pusing sat penyakit vertigo ini kambuh, penderita akan mengalami perasaan berputar yang menyebabkan sensasi seperti akan terjatuh.

Baca Juga :  Layak Dicoba, 6 Cara Mengatasai Migrain Tanpa Obat

Jika anda mengalami gejala dan ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas, ini bisa jadi merupakan tanda jika anda tengah mengalami sakit kepala vertigo.

Biasanya, gejala dan ciri vertigo yang sudah di jelaskan diatas akan hilang timbul dan bisa berlangsung selama beberapa menit, jam, atau bahkan hari.

Namun, apabila muncul gejala lain seperti dibawah ini, sangat dianjurkan untuk segera membawa penderita ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut:

  1. Anggota tubuh penderita mulai terasa lemah
  2. Penglihatan jadi berbayang
  3. Kesulitan dalam berbicara
  4. Pergerakan mata yang terlihat tidak normal
  5. Menurunnya tingkat kesadaran
  6. Respon jadi melambat
  7. Kesulitan dalam berjalan
  8. Terjadi Demam

Harap untuk segara konsultasikan ke dokter jika kondisi penderita tidak kunjung membaik. Terutama jika gejala dan ciri-ciri vertigo disertai dengan gejala lain yang sudah di jelaskan sebelumnya.