Sebelum Terlambat, Kenali Sejak Dini Ciri-Ciri Kanker Payudara

oleh
Sebelum Terlambat, Kenali Sejak Dini Ciri-Ciri Kanker Payudara

Sebelum Terlambat, Kenali Sejak Dini Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1 Berikut Ini

Selain kanker serviks, jenis penyakit kanker lain yang cukup di takuti oleh kaum wanita adalah kanker payudara. Meski pria juga beresiko terhadap jenis kanker yang satu ini, namun penyakit kanker payudara lebih identik dengan kaum hawa.

Ketika kanker payudara sudah terdeteksi dan masuk ke stadium 1 yang merupakan kanker payudara stadium awal, biasanya akan muncul benjolan kanker yang berukuran sekitar 2 cm atau lebih kecil pada area payudara yang bisa menjadi penanda awal atau ciri-ciri kanker payudara yang patut untuk diwaspadai.

Benjolan ini terkadang sering diabaikan dan belum begitu terlihat sehingga banyak wanita yang tak menyadarinya. Ketika memasuki stadium awal, sel kanker masih masih belum menyebar ke kelenjar getah bening yang berada di bagian ketiak atau struktur lain di sekitar payudara wanita.

Sel kanker ini lambat laun akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara wanita yang terindikasi mengidap kanker payudara, misalnya saluran keluarnya air susu, lobulus (kelenjar penghasil air susu), serta jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak yang ada pada payudara wanita.

Hingga ini belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya kanker payudara ini. Namun, menurut ahli kesehatan munculnya penyakit ini dikarenakan adanya kerusakan sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara wanita.

Namun ada beberapa hal yang seringkali dikaitkan dengan meningkatnya risiko seorang wanita akan terjangkiti oleh kanker payudara ini.

Baca Juga :  Bau Badan Anda Seperti Ikan Busuk?, Mungkin Anda Terkena Penyakit Ini

Wanita dengan gaya hidup tidak sehat seperti memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, wanita yang berusia di atas 50 tahun, kegemukan atau obesitas, terkena paparan radiasi, gangguan hormon, usia saat menstruasi untuk pertama kali di bawah 12 tahun, menopause pada usia yang lebih tua, serta faktor keturunan dalam keluarga.

Seorang wanita juga memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara apabila terdapat riwayat kanker payudara pada keluarganya.

Meskipun kita sudah menerapkan pola hidup sehat dan jauh dari faktor resiko terkena kanker payudara, namun tak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara sejak dini, terutama jika kanker payudara stadium 1 ini sudah mulai terdeteksi.

Dengan mengetahui ciri-ciri kanker payudara sejak awal, hal ini bertujuan untuk antisipasi agar wanita yang terdiagnosis mengidap penyakit ini tidak terlambat untuk mengobatinya.

Berikut Ini Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Satu

  • Munculnya benjolan di payudara

Benjolan yang muncul pada payudara ini merupakan salah satu pertanda awal jika seornag wanita terindikasi mengidap kanker payudara.

Ketika disentuh, benjolanyang muncul ini tidak selalu terasa sakit. Kendati demikian, perlu diingat bahwa tidak semua benjolan yang muncul pada payudara wanita tersebut bersifat kanker.

Karena itu, ketika wanita merasa ada yang aneh atau merasa ada benjolan yang muncul, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter guna memastikan apakah benjolan tersebut merupakan ciri-ciri kanker payudara atau bukan.

  • Warna kulit pada permukaan payudara berubah
Baca Juga :  Berbeda Dengan Sakit Kepala Biasa, Ini Ciri-Ciri Penyakit Vertigo Yang Harus Anda Tahu

Banyak wanita yang mengira, jika perubahan warna kulit pada permukaan payudara ini dianggap dengan infeksi. Masih berkaitan dengan ciri-ciri kanker payudara yang pertama, jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara apakah itu indikasi kanker atau bukan, maka perubahan warna kulit ini bisa menjadi penegas bahwa ada kemungkinan anda sudah mengidap kanker payudara stadium 1.

Kanker payudara stadium 1 ditandai dengan warna kulit payudara yang akan berubah menjadi kemerahan seperti terjadi iritasi kulit, tekstur dan warna kulit payudara terasa agak kasar seperti kulit jeruk, serta permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, bahkan terjadi penebalan kulit pada area permukaan payudara.

  • Puting akan terasa sakit

Ciri-ciri kanker payudara stadium 1 lainnya yang oatut diwaspadai adalah munculnya perubahan pada bagian puting dan disertai rasa nyeri. Terkadang juga akan keluar cairan yang tidak normal dari puting padahal sedang tidak dalam masa menyusui. Dalam beberapa kasus juga puting justru melesak ke bagian dalam.

  • Munculnya benjolan pada ketiak

Tak hanya menyerang area payudara saja, ketika seorang wanita terindikasi mengidap kanker payudara maka jaringan sel kanker payudara ini akan meluas hingga di bawah ketiak.

Ciri cirinya adalah dengan munculnya benjolan pada ketiak, dan terasa sakit apabila di sentuh. Namun untuk memastikannya, anda perlu berkonsultasi ke dokter ahli untuk mengetahui apakah benjolan ini merupakan sel kanker atau bukan.

Baca Juga :  Mata Bintitan, Begini Cara Mengobatinya Dengan Cara Alami

Rutin Memeriksakan Diri Untuk Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Setelah anda mengetahui ciri-ciri kanker payudara di atas, maka ada baiknya mulai saat ini anda secara rutin memeriksa payudara anda untuk mendeteksi kemungkinan adanya sel kanker yang cukup berbahaya ini.

Pemeriksaan sendiri dapat dilakukan seminggu setelah menstruasi terakhir. Sehingga ketika anda merasa ada yang janggal atau aneh dengan kondisi payudara anda, maka dapat  segera dilakukan pemeriksakan lanjutan sedini mungkin.

Untuk lebih memastikan maka pemeriksaan kanker payudara secara medis anda dapat mengunjungi dokter ahli, pemeriksaan mammografi atau USG payudara.

Mengingat, kanker payudara ini tidak kalah berbahayanya dengan kanker serviks, maka semakin cepat penyakit ini terdeteksi, akan semakin tinggi pula kemngkinan keberhasilan pengobatan yang akan di lakukan.

Karena itu, guna mengurangi risiko kanker, para wanita sangat disarankan untuk menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat, serta rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri.

Selain itu, jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit kanker payudara ini ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter ahli guna mendapat penanganan dan memastikan anda tak ikut terkena penyakit yang mematikan ini.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *