Kulit Wajah Berminyak, Begini Cara Merawatnya

oleh
Kulit Wajah Berminyak, Begini Cara Merawatnya

Setiap orang memiliki karateristik dan tipe kulit wajah yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit wajah yang normal, kering, dan ada juga yang memiliki kulit wajah berminyak.

Untuk kulit wajah berminyak, merupakan salah satu keluhan yang sering kita dengar dari sebagian orang, terutama oleh para wanita. Selain membuat wajah menjadi terlihat mengilap, kulit wajah berminyak juga rentan memicu timbulnya jerawat.

Pada dasarnya, minyak atau biasa juga disebut sebum yang ada dalam kulit wajah sebenarnya memiliki banyak manfaat dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit manusia.

Namun yang jadi masalah adalah, jika dalam kulit tersebut minyak yang diproduksi oleh sel kelenjar minyak dalam kulit secara berlebihan, sehingga hal tersebut justru dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan munculnya jerawat.

Kali ini jalansehat.info akan membahas semua permasalahan terkait kulit wajah berminyak, mulai dari penyebab hingga cara perawatannya yang benar.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah yang berminyak sangat di pengaruhi oleh aktivitas dan ukuran kelenjar minyak yang ada di setiap kulit wajah manusia. Meski hingga kini penyebab pasti kulit wajah berminya masih sulit ditentukan secara klinis, namun secara umum ada beberapa faktor yang ditengarai dapat memengaruhi produksi minyak berlebih dalam kulit wajah, antara lain:

  • Perubahan hormon pada manusia
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Sering Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Menggunakan peralatan kecantikan atau makeup yang tidak tepat
  • Faktor cuaca atau udara yang panas dan lembap.
Baca Juga :  Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Begini Caranya

Untuk mengetahui apakah kulit wajah anda masuk dalam kategori kulit wajah yang berminyak, anda bisa mengeceknya pada tiga areadi wajah yang disebut sebagai zona T.

Tiga area tersebut yakni, daerah dahi, hidung, dan dagu. Apabila pada ketiga area tersebut kulit wajah anda tampak mengkilap dan berminyak ketika disentuh, maka sudah bisa di pastika kulit wajah Anda termasuk jenis kulit wajah yang berminyak.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Setelah melakukan pemeriksaan sederhana seperti langkah di atas, dan ternyata kulit wajah Anda yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan yang benar agar kulit wajah anda bisa tetap bersih serta tidak terlihat mengkilap, dan yang pasti wajah anda akan bebas dari jerawat.

Berikut ini adalah langkah yang benar dalam merawat kulit wajah berminyak:

  • Pilih dan Gunakan Pembersih Wajah Yang Tepat
Baca Juga :  Beberapa Jenis Kosmetik Yang Di Larang Untuk Ibu Hamil

Tidak semua tipe pembersih wajah yang beredar di toko kosmetik sesuai dengan jenis kulit anda. Kendati demikian, Anda disarankan untuk memilih pembersih wajah dengan kandungan antibakteri yang lembut serta bebas alkali, seperti montaline C40.

Cucilah wajah anda setidaknya dua kali dalam sehari dengan pembersih wajah yang juga mengandung panthenol atau vitamin B5. Dua kandungan yang terdapat dalam pembersih wajah tersebut di ketahui dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit wajah anda, sehingga membantu mengatasi masalah kulit berjerawat .

Selain itu, dengan menggunakan pembersih wajah yang tepat, dapat menghidrasi kulit dengan baik, melembapkan kulit wajah, menjaga elastisitas kulit wajah, dan membantu regenerasi kulit, sehingga membuat kulit terlihat halus dan lebih sehat.

  • Gunakan Scrub Dengan Rutin

Dalam merawat kulit wajah berminyak juga disarankan untuk menggunakan scrub secara rutin, setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Menggunakan scrub untuk wajah di ketahui mampu membersihkan kotoran di wajah hingga ke dalam pori-pori, sekaligus mengangkat sel kulit mati pada wajah anda. Namun perlu diingat, sebisa mungkin hindari menggosok kulit wajah terlalu keras pada saat menggunakan scrub, karena dapat menyebabkan iritasi kulit wajah.

  • Selalu Gunakan Krim Wajah
Baca Juga :  Rambut Bercabang ?, Begini Cara Mengatasinya Dengan Benar

Setelah wajah dibersihkan dengan pembersih dan penggunaan scrub yang rutin, selanjutnya gunakanlah krim wajah khusus untuk kulit berminyak.

Hal tersebut guna menjaga kelembapan kulit agar tidak menambah jumlah produksi minyak dalam kulit wajah. Pilihlah krim wajah yang bersifat mattifying yang mengandung vitamin, aloe vera, dan asam hialuronat (hyaluronic acid).

Selain dengan cara perawtan yang benar seperti di atas, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya minimal dengan SPF 30, terutama jika anda tengah berada di luar ruangan. Hal tersebut bertujuan agar kulit wajah anda tetap terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

Dengan perawatan kulit wajah yang benar dan rutin, niscaya permasalahan kulit wajah berminyak yang anda alami akan segera berkurang. Dengan begitu, anda akan memiliki kulit wajah yang halus, bersih dan menawan sehingga membuat anda makin percaya diri. Selamat Mencoba !



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *