Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dimasak

oleh
Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dimasak

Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dimasak – Siapa yang tak kenal dengan sayuran bernama Pare. Jenis sayuran yang bercita rasa pahit ini sebenarnya adalah jenis sayuran dengan bermacam khasiat yang cukup tinggi jika di konsumsi secara teratur.

Namun, karena rasanya yang getir dan cenderung pahit banyak orang yang tak suka mengkonsumsi jenis sayuran yang masih kerabat dengan mentimun, semangka, labu dan termasuk kedalam keluarga Cucurbitaceae ini.

Padahal sayang banget loh, karena sayur pare di ketahui memiliki khasiat yang cukup bagus terutama melancarkan pencernaan karena banyaknya kandungan serat yang ada di dalamnya serta di yakini dapat menurunkan kadar gula darah karena sayuran pare mengandung phyto polipeptida, yaitu senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Melihat begitu banyak manfaat sayuran pare untuk kesehatan, sangat di sayangkan jika kita tidak mencoba mengolah sayur pare ini hanya karena cita rasanya yang pahit. Padahal dengan pengolahan yang benar, sayur pare bisa kok di buat berbagai aneka macam masakan yang lezat.

Nah, kali ini jalansehat.info akan ngasih tips cara mengolah pare agar tidak pahit saat di masak.

  • Pilihlah Sayur Pare Yang Maih Bagus

Cara mengolah pare agar tidak pahit saat dimasak dimulai dari pemilihan sayur pare itu sendiri. Pilihlah sayur pare yang berukuran sedang atau yang kecil. Karena biasanya semakin besar ukuran pare maka tingkat kepahitannya akan semakin tinggi.

Selain dari ukuran, memilih sayurpare yang bagus juga bisa di lihat dari warnanya. Pilihlah sayur pare yang memiliki permukaan kulit berwarna hijau tua.

  • Gunakan Garam

Pengolahan yang tepat selanjutnya yakni dengan membelah pare menjadi dua bagian lalu membuang isi berupa biji dan selaput berwarna putih yang ada didalamnya.

Selanjutnya silahkan potong pare dengan ukuran kecil-kecil, lalu remas-remas potongan pare tersebut dengan menggunakan garam hingga layu da mengeluarkan air berwarna hijau. Setelah itu, bilas dan cuci bersih menggunakan air yang mengalir, pare siap untuk dimasak sesuai selera.

Cara mengolah pare agar tidak pahit saat dimasak seperti ini cukup efektif untuk menghilangkan rasa pahit pada pare.

  • Rebus Pare dengan Daun Jambu Biji

Cara mengolah pare agar tidak pahit saat dimasak selanjutya adalah dengan menambahkan beberapa lembar daun jambu biji dan merebusnya bersamaan denga pare.

Caranya cukup mudah, setelah pare di belah dan dibersihkan isinya lalu tinggal rebus potongan pare tersebut dengan daun jambu biji. Rasa sepat pada daun jambu biji dipercaya mampu menetralisir pahit dan getir pada sayur pare.

  • Rebus Pare dengan Campuran cuka, garam, dan gula

Selain daun jambu biji, cara mengolah pare agar tidak pahit saat dimasak bisa juga dengan menambahkan campuran cuka, garam dan gula pada saat merebusnya.

Tekhnik merebus yang biasa disebut dengan Pickle atau merebus pare layaknya membuat acar juga bisa menjadi cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan rasa pahit dan getir yang ada pada pare.

Caranya pun cukup simple, anda hanya perlu menyiapkan secangkir cuka putih, lalu tambahkan 2 sendok makan garam dan 2 sendok makan gula pasir. Masukkan potongan pare yang sudah dibersihkan dari biji dan selaput putihnya, kemudian rebus pare selama kurang lebih 2 menit saja.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengolah pare agar tidak pahit saat dimasak. Bagi ibu-ibu rumah tangga maupun remaja putri yang gemar memasak bisa mencoba cara ini di rumah danmenyajikan hidangan lezat untuk keluarga dari sayur pare.

Jangan khawatir akan rasanya yang pahit, karena berkat pengolahan yang tepat sayur pare bisa menjadi sayur yang nikmat untuk di santap dan tentunya memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *