Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Herbal Alami

oleh
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Herbal Alami

–  Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Herbal Alami – Sebelum tumbuh menjadi jerawat, biasanya permasalahan kulit wajah yang cukup mengganggu ini akan di awali dengan munculnya komedo.

Komedo sendiri adalah kondisi kulit wajah dimana jika folikel rambut melebar dan dipenuhi oleh sisa-sisa kulit mati, bakteri, dan minyak sebum yang berkumpul menjaid satu.

Nantinya, kulit wajah yang telah membentuk komedo akan semakin mengembang dan membentuk titik-titik penyumbatan yang berwarna kehitam-hitaman, yang biasa di sebut dengan komedo tertutup atau blackhead.

Akan tetapi, tidak semua penyumbat komedo dalam kulit wajah akan berwarna hitam, ada juga komedo jenis lain yang disebut dengan istilah komedo terbuka yang dalam bahasa medis dinamakan dengan whitehead.

Komedo jenis terbuka ini bisa pecah dan dapat menyebabkan kulit di sekitarnya mengalami inflamasi ringan. Karena itu, sebelum komedo ini tumbuh dan menjadi jerawat yang tentu akan lebih sulit untuk diatasi, maka sebaiknya komedo diwajah secara rutin di bersihkan.

Tak harus ke dokter spesialis atau ke salon kecantikan, cara menghilangkan komedo bisa juga anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan herbal alami yang ada disekitar. Selain lebih murah, bahan herbal alami juga tidak akan membawa efek samping yang berbahaya.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Herbal Alami

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yag dapat di gunakan untuk menghilangkan komedo yang bisa anda coba sendiri di rumah:

  • Menggunakan Putih Telur

Masker yang terbuat dari putih telur dapa di gunakan untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah anda. Caranya juga pun cukup mudah.

Siapkan lebih dahulu dua butir telur mentah, pecahkan lalu pisahkan putih dari kuningnya. Selanjutnya Oleskan putih telur tersebut secara tipis-tipis di daerah yang berkomedo, kemudian biarkan mengering selama kurang lebih dua menit.

Setelah lapisan putih telur pertama kering, oleskan kembali putih telur tersebut pada daerah yang sama dengan yang dioles sebelumnya.

Biarkan kembali mengering selama kurang lebih 10 hongga 15 menit. Selanjutnya basuhlah sisa putih telur yang menempel di wajah tersebut dengan air hangat. Fungsi dari penggunaan masker wajah yang terbuat dari putih telur ini adalah untuk membantu mengencangkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang terdapat dalamnya sehingga kulit terasa halus.

  • Madu dan bubuk kayu manis

Untuk menghilangkan komedo dengan bahan alami selanjutnya anda bisa coba dengan menggunakan madu dan kayu manis.

Caranya, campurkan satu sendok makan madu asli dengan setengah sendok teh kayu manis. Aduk secara merata dan oleskan campuran tersebut pada kulit wajah yang terdapat komedon. Sembari mengoles anda juga bisa menggosok kulit yang berkomedo selama kurang lebih tiga menit dengan gerakan jari yang melingkar.

Selanjutnya bersihkan dan bilas dengan menggunakan air hangat. Kedua ramauan  alami ini dipercaya memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai penarik kotoran dari pori-pori melalui madu, dan juga  bertindak sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri.

  • Perasan Jeruk Lemon dan Garam

Caranya, campurkan perasan jeruk lemon, dengan satu sendok makan garam, ditambah dengan satu sendok makan yoghurt, dan sedikit madu. Aduk secara merata dan gunakan campuran tersebut untuk menggosok daerah di wajah yang memiliki komedo.

Lakukan proses ini selama 2 sampai 3 menit, lalu akhiri dengan membilasnya hingga berish menggunakan air hangat.

Air perasan dari jeruk lemon dikenal luas sebagai zah alami pembersih yang baik. Sementara, garam di dalam campuran ini berfungsi untuk membantu menghilangkan semua kotoran yang terdapat di dalam pori-pori  kulit wajah.

  • Green Tea (teh hijau)

Bubuk teh hijau atau green tea yang dicampur dengan air secukupnya, dapat digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah.

Caranya pun cukup mudah,anda hanya perlu mencampurkan bubuk teh hijau dengan air lalu  gosokkan pada kulit yang berkomedo. Diamkan selama kurang lebih 2-3 menit, lalu bersihkan dengan membilasnya menggunakan air hangat.

Fungsi dari bubuk teh hijau ini selain untuk membantu menghilangkan kotoran di dalam pori-pori kulit wajah,  juga memungkinkan untuk memberikan perlindungan bagi kulit wajah melalui kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau.

  • Soda kue

Bahan campuran untuk membuat makanan ini juga bisa di manfaatkan untuk kecantikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo.

Sama denga cara yang sudah disebutkan di atas, anda hanya perlu mencampur sedikit soda kue dengan air lalu aduk hingga membentuk pasta.

Gunakan campuran tersebut untuk menggosok bagian wajah yang banyak terdapat komedo, misal idsekitar hidung. Biarkan campuran ini menempel di kulit selama 5-10 menit lalu dibilas dengan air hangat.

Fungsi soda kue ini adalah sebagai pembersih kulit alami karena butir-butir halusnya bisa membantu menghapus sel-sel kulit mati di wwajah anda.

Bagaimana, cukup mudah buka cara menghilangkan komedo di wajah anda dengan bahan alami yang sudah disebutkan diatas. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan komedo di wajah anda, dan mencegah timbulnya jerawat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *