Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Bahan Alami

oleh
Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Bahan Alami – Salah satu masalah kesehatan rambut yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang adalah masalah rambut berketombe. Terjadinya kulit kepala yang terkelupas ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Mulai dari kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari yang  kurang memerhatikan kesehatan rambut, jenis asupan makanan yang di konsumsi, bahkan cara keramas yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe pada kulit kepala.

Ketika anda keramas, dan kurang bersih dalam membilas rambut ketika keramas, hal tersebut dapat membuat sisa busa shampo yang anda gunakan masih menempel dan menumpuk di dasar kulit kepala sehingga menimbulkan ketombe.

Jika permasalahan rambut dengan ketombe parah ini menimpa anda, cenderung akan menyebabkan rasa percaya diri seseorang menurun karena terlihat mengotori rambut dan jatuh pada pakaian.

Apalagi ketika anda tengah memakai pakaian dengan warna yang gelap, maka ketombe akan berguguran dan jatuh di pakaian anda, sehingga hal tersebut tentu sangat mengganggu penampilan kita serta menyebabkan rasa tak nyaman pada diri kita sendiri.

Untuk mengatasi dan cara menghilangkan ketombe parah ini, ada berbagai cara tradisional yang sampai saat ini dipercaya mampu mengatasi permaslahan ketombe parah ini.

Cara tradisional  dalam menghilangkan ketombe dengan bahan alami  ini, dinilai lebih efektif dan mempunyai risiko lebih rendah jika dibandingkan dengan menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia.

Baca Juga :  Ingin Tetap Cantik Di Usia 30-an, Coba Tips Perawatan Kulit Yang Satu Ini

Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe parah dengan bahan alami yang bisa anda coba

 

1. Menggunakan minyak kelapa

Bahan alami berupa campuran minyak kelapa dengan garam ternyata bisa di gunakan sebagai cara untuk menghilangkan ketomba yang yang cukup parah.

Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa, sangat baik untuk pertumbuhan rambut serta kulit kepala. Cara ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan ketombe namun tetap ingin memberikan vitamin pada rambut.

Caran membuatnya pun cukup mudah:

  • Sediakan minyak kelapa dan garam secukupnya, lalu campur jadi satu dalam wadah.
  • Oleskan campuran tersebut pada rambut, serta lakukan pijatan secara perlahan pada kulit kepala.
  • Lalukan secara merata di seluruh permuakaan kepala anda, lalu diamkan beberapa saat.
  • Kemudian, bilas menggunakan air bersih atau bisa juga dengan mengunakan shampo berbahan dasar ringan untuk menghilangkan sisa minyak dan garam yang masih menempel pada kulit kepala.

2. Menggunakan minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe parah kedua yang bisa anda coba untuk praktekan adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Terutama untuk anda yang memiliki kulit kepala yang kering, anda bisa mencoba bahan alami minyak zaitun ini dengan mencampurnya dengan garam.

Sifat garam yang mampu menyerap minyak serta minyak zaitun yang esensial merupakan campuran dan kombinasi yang cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala yang kering.

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Bahan Alami

Caranya:

  • Campurkan 2 sendok makan garam laut dengan  minyak zaitun hangat secukupnya
  • Usapkan campuran ini ke seluruh permuakaan rambut anda.
  • Lakukan pijatan kecil secara perlahan di kulit kepala, lalu biarkan meresap selama keruang lebih 15 – 20 menit
  • Terakhir, cuci bersih rambut dan seluruh permukaan kulit kepala anda menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

3. Menggunakan tanaman lidah buaya (aloe vera)

Tanaman lidah buaya atau dikenal juga dengan nama aloe vera, terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan rambut. Tanaman bunga yang sering kita jumpai ini bisa di gunakan sebagai salah satu alternatif untuk cara menghilangkan ketombe parah.

Mencampurkan aloe vera dengan sedikit garam laut, bisa mengatasi permasalahan rambut tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menaburkan garam pada batang aloevera yang sudah di kupas kulit luarnya, kemudian gosokkan secara perlahan pada kulit kepala. Cara ini terbukti ampuh dalam menghilangkan ketombe jika dilakukan secara rutin.

4. Menggunakan cuka apel

Anda dapat membuat scrub yang berbahan dasar garam dan cuka apel yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ketombe pada rambut anda.

Perpaduan antara garam dan cuka apel dapat membuat kulit kepala anda terhindar dari masalah ketombe dan juga bisa menjaga kelembaban kulit kepala.

caranya:

  • Sediakan garam dan sedikit cuka apel, lalu campur dan aduk keduanya hingga membentuk scrub
  • Lalu, gosokkan scrub dari campuran kedua bahan tersebut pada kulit kepala yang berketombe.
  • Diamkan beberapa saat agar kandungan campuran tersebut meresap
  • Terakhir cuci bersih dengan menggunakan shampo berbahan dasar ringan
Baca Juga :  Pemilik Golongan Darah B, Menu Lezat Ini Tetap Bisa Disantap Meski Sedang Diet

5.  Menggunakan perasan air lemon

Air perasan lemon yang di campur dengan garam di percaya mampu mengurangi kadar minyak berlebihan pada kulit kepala dan serta dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya ketombe.

Cara menghilangkan ketombe parah dengan air perasan lemon bisa anda lakukan dengan cara:

  • Sediakan 2 sendok makan garam laut dan perasan air lemon.
  • Campurkan keduanya secara merata
  • Usapkan dan pijat kulit kepala anda menggunakan campuran kedua bahan tersebut dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.
  • Jika sudah, silahkan cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

Memiliki rambut yang sehat dan indah menjadi salah satu indikator kecantikan para wanita. Bahkan rambut juga menjadi tolak ukur kecantikan seorang wanita.

Meski memiliki raut wajah yang cantik rupawan, apabila rambut tidak terawat akan menurunkan pesona kecantikan anda. Oleh karena itu, perawatan kesehatan rambut tak dapat di pisahkan dari perawatan kecantikan anda sehari-hari. Selamat mencoba.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *