Layak Dicoba, 6 Cara Mengatasai Migrain Tanpa Obat

oleh
Layak Dicoba, 6 Cara Mengatasai Migrain Tanpa Obat

Apa itu Penyakit Migrain ?

Pernahkah anda mengalami sakit kepala pada salah satu sisi kepala saja ? Bisa jadi anda tengah mengalami penyakit yang satu ini, Migrain. Secara umum migrain sendiri adalah rasa sakit kepala yang terasa seperti berdenyut, dan biasanya hanya terjadi pada salah satu sisi kepala saja.

Migrain merupakan penyakit yang menyerang saraf di kepala, yang dapat menimbulkan gejala berupa mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara. Ketika seseorang menderita serangan migrain dengan rasa nyeri yang mengganggu, ini dapat berlangsung selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari.

Namun uniknya, penyakit Migrain atau sakit kepala sebelah ini diketahui lebih sering dialami oleh penderita wanita dibandingkan pria. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, dari total seluruh populasi manusia yang berusia 18 hingga 65 tahun di laporkan pernah menderita sakit kepala, sekitar 30 persen di antaranya adalah penderita penyakit migrain.

Umumnya, serangan sakit kepala sebelah ini muncul pertama kali pada masa pubertas atau ketika seseorang beranjak dewasa. Namun untuk penderita usia 35 hingga 45 tahun, migrain yang di derita bisa terasa lebih berat dan menyiksa.

Beberapa faktor yang ditengarai dapat menyebabkan sakit kepala sebelah ini, terbagi menjadi dua macam yakni secara genetik maupun lingkungan.

6 Cara Mengatasai Migrain Tanpa Obat

Selain rasa sakit dan kepala berdenyut yang di timbulkan oleh penyakit ini, ketika sedang kumat sakit kepala sebelah ini juga menghambat aktivitas penderitanya sehari-hari.

Baca Juga :  Mata Berair, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Karena itu, tak heran jika akhirnya banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi obat pereda migrain yang dijual bebas di apotik maupun toko obat. Padahal, penyakit migrain ini juga bisa diredakan tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia.

Berikut ini adalah 6 cara mengatasi migrain tanpa obat yang layak untuk anda coba:

1. Melakukan Akupresur.

Akupresur adalah salah satu jenis pengobatan alternatif dengan cara menekan titik-titik pada bagian tubuh tertentu dengan jari untuk menghilangkan rasa sakit.

Sejumlah penelitian tahun 2014 menyebutkan, jika akupresur ternyata lebih efektif untuk mengatasi sakit kepala yang kronis. Dalam penelitian lain juga disebutkan bahwa teknik pengobatan dengan akupresur ini juga bisa membantu meredakan gejala lain akibat migrain, seperti mual dan juga muntah.

2. Oleskan minyak daun mint di pelipis dan juga dahi

Kandungan mentol dalam minyak daun mint dipercaya dapat meredakan gejala migrain yang sedang kambuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010 silam oleh Shiraz University of Medical Sciences di Iran, menyebutkan bawah dengan mengoleskan minyak daun mint di dahi dan pelipis ternyata lebih efektif untuk meredakan rasa nyeri dan mual akibat penyakit migrain.

3. Menghirup aroma lavender

Baca Juga :  Awas, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Penyakit Stroke

Menghirup aroma dari minyak esensial lavender juga bisa meredakan dan mengatasi sakit kepala migrain terutama yang dipicu oleh stres. Hal itu sesuai dengan hasil  penelitian yang diterbitkan dalam jurnal European Neurology pada tahun 2012 silam.

Hasil penelitian tersebut juga menyatakan bahwa penderita yang menghirup aroma minyak lavender saat migrainnya sedang kambuh bisa lebih cepat reda dibanding dengan penderita yang menggunakan obat kosong (plasebo).

4. Minum air jahe hangat

Selama ini, tanaman herbal Jahe dikenal sebagai rempah alami yang banyak digunakan sebagai obat alternatif berbagai kondisi. Salah satunya, penyakit yang bisa disembuhkan oleh ramuan herbal beraroma khas ini adalah migrain.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zanjan University Of Medical Sciences, dengan mengkonsumsi minuman teh seduhan yang terbuat dari jahe bubuk dan dilanjutkan dengan mengonsumsi obat migrain sumatriptan setelahnya bisa dengan cepat meredakan migrain ketika sedang kambuh.

5. Rutin lakukan yoga

Mengatasi migrain tanpa obat juga bisa dilakuka dengan rutin melakukan Yoga. Gerakan-gerakan dalam yoga yang melibatkan pengaturan napas, meditasi, dan ketepatan postur tubuh di percaya bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik yang melakukannya.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa  dengan melakukan yoga secara rutin hal itu dapat mengurangi frekuensi, durasi, dan intensitas munculnya penyakit kepala sebelah ini. Selain itu, dengan Yoga juga dapat mengurangi kecemasan serta ketegangan di area kepala yang terserang migrain.

Baca Juga :  Mengenal Hipoglikemia atau Kadar Gula Darah Rendah Dalam Tubuh

Kendati demikian, sejauh ini memang belum ada penelitian yang secara medis benar-benar membuktikan bahwa yoga mampu menyembuhkan sakit migren ini, namun dari beberapa penelitian manfaat yoga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

6. Komsumsi suplemen magnesium

Salah satu penyebab timbulnya penyakit migrain adalah kekurangan zat magnesium.  Dalam sejumlah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi suplemen magnesium oksida diketahui dapat membantu mencegah yimbulnya.

Selain itu, terutama untuk kaum hawa, minum suplemen yang mengandung magnesium juga dapat mencegah migren yang dipicu nyeri karena menstruasi.

Sumber magnesium alami bisa anda peroleh dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, seperti alpukat, pisang, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, biji gandum utuh, beberapa jenis ikan seperti salmon, serta susu dan produk olahan susu.

Demikian informasi mengenai 6 cara mengatasi migrain tanpa obat yang patut anda coba ketika mengalami sakit kepala sebelah ini. Jika rasa sakit cukup menyiksa dan timbul gejala lain, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter guna penanganan yang labih tepat.