Buah Apa Saja Yang Baik dikonsumsi Oleh Ibu Hamil, Ini Daftarnya

oleh

Selama masa kehamilan, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki kandungan vitamin yang banyak sangat di anjurkan. Salah satunya adalah mengkonsimsi bauh-buahan segar, pasalnya buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang sehat untuk ibu yang sedang mengandung.

Seperti kita tahu, terdapat berbagai macam kandungan nutrisi dalam buah, seperti vitamin C, beta-karoten, asam folat, kalium, dan serat.

Kandungan nutrisi-nutrisi dalam buah tersebut memiliki peranan yang cukup penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, dokter dan ahli kesehatan menganjurkan para Bumil ini untuk mengonsumsi sekitar 2-4 porsi buah setiap harinya.

Namun, masih banyak Bumil yang mungkin merasa kebingungan, jenis buah mana saja yang baik untuk untuk dikonsumsi selama masa kehamilan? . Karena tak semua buah aman saat di konsumsi saat hamil.

Karena itu, biar jelas dan tak membuat Bumil bingung berikut ini adalah jenis buah yang baik dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Buah Mangga

Mungkin saat memasuki awal-awal kehamilan banyak yang ngidam makan buah mangga muda. Akan tetapi jika kehamilan sudah memasuki usia yang cukup disarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi mangga muda.

Baca Juga :  Hal-Hal Yang Harus Di Lakukan Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

Namun, buah mangga yang sudah matang justru sangat disarankan. Dalam buah mangga banyak terdapat kandungan vitamin A dan C.

Kandungan vitamin A dalam mangga ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi pada janin yang ada dalam kandungan.

Satu mangkuk mangga yang di konsumsi oleh Bumi, sudah dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin C hariannya.

  • Buah Apel

Kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium menjadikan buah apel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil.

Dalam sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa dengan rutin rutin mengonsumsi apel selama kehamilan akan menurunkan risiko terjadinya asma dan alergi yang lebih rendah pada bayi.

  • Buah Pisang

Buah yang satu ini memang terkenal akan beragam khasiatnya untuk kesehetan. Selain enak, buah pisang juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandungĀ  kalium serta kalori.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Kosmetik Yang Di Larang Untuk Ibu Hamil

Adanya Kalium di dalam buah pisang dipercaya dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh ibu hamil, serta membantu kerja otot dan penghantaran sinyal saraf.

Mengkonsumsi buah pisang juga dapat menurunkan gejala morning sickness dan sembelit yang sering dialami oleh para Bumil.

  • Buah Alpukat

Buah alpukat diketahui memiliki lebih banyak kandungan asam folat yang sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil guna mendukung perkembangan otak janin.

Selain kandungan asam folat yang cukup tinggi, buah alpukat juga kaya akan vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, dan magnesium.

Dengan mengonsumsi alpukat selama masa kehamilan sangat bermanfaat untuk mengurangi keluhan kaki yang mengalami kram serta morning sickness.

  • Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C, asam folat, dan serat yang bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel serta membantu penyerapan zat besi.

  • Buah Nanas

Banyak mitos yang beredar dimasyarakat jika mengkonsumsi nanas tidak baik di saat sedang hamil, karena dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Baca Juga :  Cari Tahu Yuk, Penyebab Asi Sedikit Dan Cara Mengatasinya

Kendati demikian, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa nanas membahayakan kehamilan. Namun, mengkonsumsi nanas muda di saat awal-awal kehamilan memang sebaiknya di hindari.

Dalam buah justru banyak mengandung vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, dan magnesium yang baik untuk kehamilan serta janin. Namun sekali lagi, hindari mengonsumsi nanas secara berlebihan, dan konsumsi nanas secukupnya.

Untuk menjaga kemurnian dan kandungan zat yang ada dalam buah-buahan di atas, disarankan untuk mengkonsumsi buah tersebut dalam kondisi segar.

Selain itu, pastikan sebelum anda mengonsumsi buah-buahan di atas, anda sudah mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih dari berbagai kotoran yang menempel.

Gosok permukaan buah dengan sikat lembut dan air mengalir selama beberapa saat. Bila perlu gunakan larutan pencuci buah guna menghilangkan kuman dan bakteri yang mungkin masih menempel.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *