Kenali Sejak Awal Beberapa Gejala Usus Buntu

oleh
Kenali Sejak Awal Beberapa Gejala Usus Buntu

Kenali Sejak Awal Beberapa Gejala Usus Buntu – Penyakit usus buntu atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan apendisitis adalah suatu jenis penyakit yang terjadi terjadi ketika usus buntu meradang, pecah, dan mengalami infeksi.

Ketika seseorang menderita penyakit usus buntu, bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup menyiksa. Bahkan terkadang ada beberapa diantaranya yang harus dirawat dan disembuhkan dengan cara operasi, karena penyembuhan dengan obat-obatan sudah tak mampu lagi mengatasinya.

Oleh karenanya, akan sangat baik jika Anda mengetahui gejala usus buntu sejak dini, sebelum penyakit tersebut kian bertambah parah tanpa anda sadari.

Melansir dari laman Health Me Up, terdapat setidaknya ada 7 gejala usus buntu yang bisa anda kenali sejak dini:

  • Muncul Rasa Sakit Dibagian Pusar

Gejala usus buntu yang pertama yang mengindikasiakan jika seseorang menderita penyakit usus buntu adalah  timbulnya rasa tak nyaman atau sakit pada bagian pusar.

Biasanya, rasa sakit ini menjalar dan berpindah ke perut bagian bawah secara perlahan, yang semakin lama akan bertambah rasa sakit yang ditimbulkannya.

  • Rasa Sakit Yang Kian Bertambah Parah

Rasa sakit padabaigan pusar mungkin sudah sering anda di alami. Namun, perlu anda ketahui jika rasa sakit dibagian pusar tersebut kian bertambah parah dan semakin menyiksa bisa saja itu merupakan tanda awal gejala usus buntu.

Awalnya rasa sakit pada badian pusar anda akan terasa biasa saja, namun seiring waktu berjalan hanya dalam hitungan jam rasa sakit tersebut bisa menjadi semakin parah dan sangat parah.

Rasa sakit yang ditimbulkannya bahkan bisa sangat sangat intens. Ketika rasa sakit ini mendera, biasanya seseorang akan mengalami kesulitan melakukan apapun karena rasa sakit yang dialami membuat tak nyaman bergerak.

  • Mengalami Demam

Demam mungkin terdengar biasa saja bagi anda, karena sakit jenis ini sudah sering kali di alami juga.Akan tetapi, jika timbulnya demam namun dibarengi dengan rasa sakit di bagian perut yang cukup menyiksa, bisa jadi itu merupakan gejala usus buntu.

Ketika kondisi rasa sakit pada baigan perut semakin parah, maka demam yang dialami pun akan semakin tinggi.

  • Sering Mual Dan Muntah

Gejala usus buntu lainnya yang perlu anda kenali sejak dini adalah timbulnya rasa mual yang dibarengi dengan muntah.

Mual dan muntah, awalnyabanyak yang mengira ini mungkin terlihat seperti penyakit lainnya yang lebih ringan, misalnya masuk angin.

Namun, perlu anda tahu jika hal ini tidak berhenti hingga lebih dari 12 jam, maka sebaiknya Anda harus pergi ke dokter secepatnya untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda. Karen hal itu bisa saja anda mengalami kondisi medis yang tak biasa.

  • Diare

Sama halnya dengan gejala usus buntu di atas, gejala awal yang satu ini juga sering kali mengecoh anda. Dalam banyak kasus penderita penyakit usus buntu, sakit perut yang parah yang dialami biasanya bersamaan dengan diare.

Ciri-ciri jika diarea tersebut merupakan gejala awal usus buntu adalah kotoran yang dikeluarkan biasanya banyak mengandung lendir. Jika hal ini terjadi pada Anda, ada baiknya segera pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda.

  • Perut Kembung dan Sering Buang Gas

Terdengar biasa saja, namun gejala usus buntu salah satunya adalah perut kembung dan sering buang gas.

Meski tampak seperti gejala penyakit yang tak berbahaya,  namun kondisi ini jika diikuti dengan rasa sakit pada perut bagian bawah, ada baiknya anda waspadai.

  • Nyeri Pada bagian Perut Bawah

Gejala usus buntu lainnya yang harus anda waspadai sejak awal adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian perut, terutama perut bagian bawah.

Untuk mengecek konidi tersebut apakah anda memiliki penyakit usus buntu, anda bisa mencoba tekan perut bagian bawah sebelah kanan, kemudian lepaskan.

Ketika tekanan dilepas dan anda merasakan sakit, maka itu merupakan gejala usus buntu yang sudah pecah.


Demikian informasi mengenai gejala usus buntu yang harus anda kenali sejak dini. Beberapa gejala di atas mungkin tampak hanya seperti gejala penyakit biasa.

Oleh karena itu, untuk memastikannya sebaiknya anda berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk memastikan gejala yang anda alami adalah gejala usus buntu atau hanya gejala sakit biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *