Bayi Rewel & Sering Menangis Dimalam Hari, Atasi Dengan 5 Tips Ini

oleh
Bayi Rewel & Sering Menangis Dimalam Hari, Atasi Dengan 5 Tips Ini

Bayi rewel dan sering menaangis di malam hari terutama menjelang ia tidur, seringkali membuat orang tua terutama para Ibu khawatir.

Bahkan tak jarang, banyak orang tua yang pusing dan stress ketika menghadapi hal semacam ini, apalagi jika tangisan si buah hati tak kunjung berhenti.

Untuk menenangkan bayi yang sedang rewel dan sering menangis di malam hari seperti ini, para orang tua harus paham dan mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dan membuatnya menangis.

Biasanya, jika bayi anda rewel dan menangis terus-terusan seperti itu, disebabkan oleh berbagai hal misalnya lapar, buang air besar/kecil atau ia tengah demam.

Karena itu, sebagai orang tua dituntut harus peka terhadap penyebab yang membuat si kecil rewel dan membuatnya tak nyaman, sehingga ia menangis terus-terusan.

Jangan dulu panik, dengan mengetahui terlebih dahulu yang jadi penyebab tangisannya, kita selaku orang tua bisa mengatasi bayi rewel dengan lebih cepat, karena bayi rewel dan menangis adalah cara mereka berekspresi dan menunjukan ketidak sukaan mereka.

Menurut Harvey Karp, MD, seorang dokter spesialis anak dari Amerika Serikat, kebanyakan bayi yang sering rewel dan menangis di malam hari karena si bayi masih kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim.

Untuk mengatasi permasalahn ini, beberapa tips berikut ini bisa anda coba untuk menenangkan si buah hati agar tidak rewel dan membuat ia tidur lebih nyaman.

Cara Mengatasi Bayi Rewel Dan Sering Menangis Dimalam Hari

Menggendong Bayi

Saat bayi mulai rewel, dan menunjukan ketidak nyamanannya segera angkat dan gendong sikecil. Kemudian, ayun-ayunkan secara perlahan dengan lembut hingga ia merasa lebih tenang.

Gerakan ini dapat mengingatkan si bayi pada saat ia masih berada di dalam kandungan, sehingga bisa membantunya beradaptasi dengan lebih baik.

Namun perlu dingat, untuk tidak terlalu sering menggendong bayi ketika rewel. Karena jika di biasakan seperti itu, bayi akan menjadi terbiasa minta digendong dan tentunya kita sebagai orang tua yang akan merasa sedikit kerepotan.

Gendong bayi ketika rewel seperlunya saja, anda bisa mengalihkan perhatian si bayi dengan melakukan hal lain.

Usap-Usap dengan Lembut Kepalanya

Sentuhan lembut tangan Ibu bisa mengatasi bayi yang sedang rewel. Dengan menyentuh atau mengusap-usap kepalanya dengan lembut dan penuh kasih sayang, Ibu bisa menstimulasi perasaan nyaman ke bayi.

Sentuhan juga bisa dilakukan di area kaki, perut serta punggung si bayi, karena menurut sejumlah penelitian sentuhan lembut di tubuh si bayi sangat efektif untuk menenangkan bayi yang sedang rewel.

Dengarkan Alunan Musik Lembut

Menenangkan bayi yang tengah rewel bisa coba lakukan dengan memperdengarkan alunan musik yang lembut. Lantunan suara musik yang tenang diketahui sangat efektif dan bisa menenangkan denyut jantungnya sehingga ia tidak lagi menangis.

Selain itu, Bunda juga bisa menyanyikan alunan lagu lembut di telinga si buah hati atau bacaan sholawat (untuk yang muslim) agar ia merasa lebih nyaman dan lekas tertidur.

Berbicara Lembut Dengan si Bayi

Sama halnya dengan menyanyi, berbicara dengan nada lembut dan merayu pada bayi rewel dan saat ia menangis terbukti bisa membantu menghentikan tangisannya.

Suara ibu yang leembut dan menenangkan adalah cara komunikasi yang baik dengan si bayi. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Ibu mencoba mengetahui apa yang membuatnya menangis, sehingga bayi bisa terstimulasi. Selain itu, dengan mengajak bayi mengobrol juga bisa meningkatkan kontak batin antara Ibu dan bayi.

Usahakan Tetap Tenang dan Jangan Panik

Dari kesemuanya paling penting untuk dilakukan adalah, untuk tetap tenang dan jangan panik saat bayi tengah rewel.

Bila Ibu panik, apalagi disertai dengan suara kasar, marah, jengkel dan sebagainya justru akan membuat tangisan bayi semakin kencang.

Karena meskipun ia masih bayi, ia bisa merasakan dan bereaksi terhadap apa yang Ibu lakukan. Bila Ibu tetap tenang, bayi pun akan lebih cepat tenang dan tidak rewel lagi.

Demikian beberapa informasi mengenai cara mengetasi bayi rewel dan sering menangis di malam hari. Dengan penanganan yang tepat dan mengetahui penyebabnya, maka kita dapat membuat si buah hati merasa lebih nyaman dan tak rewel lagi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *