12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

oleh
12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula – Ada berbagai alasan mengapa bayi di berikan asupan susu tambahan berupa susu formula selain dari Air Susu Ibu (ASI), salah satunya adalah ASI yang di produksi oleh bunda tidak dapat keluar dengan semestinya.

Namun demikian, ternyata tidak semua bayi bisa diberikan susu formula terutama susu yang berasal dari bahan dasar susu sapi. Dalam beberapa kasus, reaksi alergi susu sapi ini bisa berefek ringan, namun ada pula hingga efek parah selang beberapa menit atau jam usai dia mengonsumsi susu sapi.

Alergi susu sapi ini merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada bayi. Tak hanya karena mengkonsumsi susu formula yang berbahan dasar susu sapi, alergi susu formula sapi tersebut juga bisa terjadi karena ASI dari ibu yang mengkonsumsi susu sapi.

Mengapa Bayi Bisa Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi yang di alami oleh bayi anda bisa terjadi karena tubuh si bayi akan bereaksi berlebihan terhadap protein yang ada dalam susu sapi yang dianggapnya sebagai zat asing yang berbahaya bagi tubuhnya.

Baca Juga :  Anda Susah BAB (buang air besar), Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Karena itu, setiap kali bayi di berikan asupan susu formula dari susu sapi ini, sistem imunitas atau kekebalan dalam tubuhnya akan melepaskan zat kimia seperti histamine untuk melawan, halitulah yang memicu munculnya reaksi alergi.

Alergi susu formula dari susu sapi ini tidak dapat disembuhkan, hanya bisa di kerangi reaksinya. Namun seiring dengan bertambahnya usia bayi, kondisi alergi ini akan menghilang dengan sendirinya.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua terutama bunda yang sedang memiliki bayi untuk memeperhatikan reaksi yang timbul setelah si kecil mengkonsumsi susu formula dari bahan dasar susu sapi ini.

Berikut ini adalah 12 tanda dan ciri-ciri yang kerap muncul apabila si kecil mengalam alergi susu sapi:

Baca Juga :  Waspada, 5 Penyakit Kulit Ini Sering Menyerang Bayi

✓ 12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

  1. Bayi akan sering bersin-bersin setelah mengkonsumsi susu formula dari susu sapi
  2. Dalam beberapa kasus bayi akan mengalami muntah
  3. Mengalami diare, bahkan di temui kasus kotoran bayi akan disertai bercak darah
  4. Hidung bayi menjadi berair seperti pilek
  5. Mata berair
  6. Muka jadi terlihat membengkak
  7. Muncul ruam disekitar mulut, dan bayi sering terlihat menggaruk karena rasa gatal yang muncul
  8. Berat badan susah naik
  9. Kerap menangis
  10. Konstipasi atau jarang buang air besar (BAB)
  11. Bayi jadi susah makan
  12. Eksim atau seringkali muncul bisul dikepala

Beberapa tanda atau ciri diatas dapat muncul hanya dalam hitungan jam setelah bayi mengkonsumsi susu formulai dari susu sapi, namun kadang kala reaksi alergi susu sapi tersebut akan muncul dalam kurun waktu yang cukup lama.

Meskipun sangat jarang terjadi, namun bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi ini kemungkinan dapat mengalami kondisi kesehatan yang disebut dengan syok anafilaksis, yakni sebuah reaksi serius yang bisa mengancam keselamatan jiwanya.

Baca Juga :  Apakah Tidur Siang Bisa Bikin Gemuk ? Berikut Penjelasannya

Selain itu, beberapa tanda dan gejala lain  yang juga sering muncul pada kondisi tersebut alah kulit bayi akan terlihat memerah, si kecil terlihat seperti sesak napas, atau menggaruk-garuk bagiantubuhnya karena gatal.

Apabila Si Kecil mengalami hal kondisi dengan tanda dan ciri yang disebutkan diatas usai dia diberikan susu formula dari susu sapi, segera bawa bayi anda ke dokter atau ke rumah sakit, karena hali ini merupakan kondisi darurat medis dan harus segera mendapat penanganan dari dokter.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *