Usia Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa Saja ?, Yuk Cari Tahu

oleh
Usia Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa Saja ?, Yuk Cari Tahu

Memiliki bayi yang sehat dan menggemaskan tentulah idaman setiap orang tua. Karenanya para orang tua, terutama pasangan yang baru pertama kali memiliki bayi harus paham dan pandai mengikuti perkembangan si buah hati, terutama usia bayi 2 bulan agar dapat memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan usia si buah hati.

Pada usia bayi 2 bulan atau sekitar usia 6-8 minggu, umumnya si kecil sudah dapat merespons suara musik dengan kaki yang menendang atau mengeluarkan suara.

Selain itu, perkembangan otak dan pendengaran bayi 2 bulan juga sudah semakin berkembang dibandingkan dengan saat bayi masih berusia 1 bulan, sehingga ia dapat menikmati musik yang diperdengarkan.

Untuk ukuran bayi normal, pada umumnya saat bayi berusia 2 bulan bayi laki-laki akan memiliki berat badan kurang lebih 3,8-5 kilogram dengan panjang badan 52-56cm. Sedangkan untuk bayi perempuan akan memiliki bobot sekitar 3,6-4,8 kilogram dengan panjang badan 52-55 cm.

Selain beberapa perkembangan yang sudah di sebutkan di atas, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai perkembangan bayi 2 bulan yang harus para orang tua ketahui.

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Terdapat 3 macam perkembangan dan kemampuan pada saat  bayi memasuki usia 2 bulan, yaitu:

Perkembangan dan Kemampuan Motorik 

Saat usia bayi memasuki 5 minggu, gerakan si kecil akan semakin terlihat teratur. Gerakan motorik tubuhnya seperti terkejut yang kerap terjadi pada saat baru lahir sudah mulai tidak terlihat lagi.

Selain itu, terdapat beberapa perkembangan kemampuan motorik bayi dua bulan lainnya yang wajib ayah bunda ketahui:

  1. Ia dapat menenangkan dirinnya sendiri dengan menghisap jari tangannya yang mungil.
  2. Genggaman tangannya sudah mulai dapat membuka dan menutup. Ia Juga mulai dapat bermain dengan jari-jarinya.
  3. Memasuki usia 7 minggu, si kecil mulai tertarik pada benda-benda di sekitar yang berwarna cerah dan mainan yang  bisa mengeluarkan bunyi.
  4. Mata si kecil mulai dapat mengikuti pergerakan obyek yang bergerak. Bunda dapat menstimulasi bayi dengan mengajaknya bermain dengan cara menggerakkan mainan di depan matanya.
  5.  Ketika bayi berusia 8 minggu, lehernya makin kuat dan kokoh.
  6. Pada akhir 2 bulan, beberapa bayi mungkin sudah mulai dapat berusaha meraih perhatian bunda untuk lebih diperhatikan.

Kemampuan Dalam Hal Komunikasi

Pada usia 5 minggu, si buah hati dapat mengenali suara dan mulai mendengar bunyi-bunyi ada di sekitarnya. Ia juga sudah mulai bisa membuat suara-suara bayi dan ekspresi wajahnya juga mulai dapat berubah-ubah sesuai yang dirasakan, misalnya saja menaikkan alis mata, melotot, atau meniup.

Hal ini dilakukan si kecil untuk memberi tahu jika ada sesuatu yang membuanya merasa tidak nyaman, misalnya popok yang basah, karena ia merasa lapar, atau merasa lelah.

Kemampuan Dalam Hal Sosial

Perkembangan otak bayi bisasanya akan bertumbuh sekitar 5 cm selama 3 bulan awal dalam masa perkembangannya. Meski ia belum bisa membalas saat kita menyanyi atau mengajaknya berceloteh, namun sebenarnya ia sedang dalam tahap dan proses belajar.

Salah satu hal yang cukup penting untuk para orang tua ketahui, tidur yang cukup merupakan pondasi utama yang akan mendukung perkembangan bayi.

Memasuki usia 5 minggu, kebutuhan tidur bayi biasanya akan meningkat, yang membuatnya akan tidur lebih lama di malam hari dibandingkan saat ia baru dilahirkan. Karena itu, selalu menjaga dan merawat bayi agar dapat istirahat yang cukup dan tidak terganggu merupakan salah satu faktor penunjang yang cukup penting dalam tumbuh kembang si buah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *