Ingin Terhindar Dari Penyakit Kanker Payudara ? Rajinlah Bangun Pagi

oleh
Ingin Terhindar Dari Penyakit Kanker Payudara ?, Rajinlah Bangun Pagi

Jangan telat bangun pagi, nanti rezekinya di patok ayam”. Pernahkah anda mendengar kalimat gurauan seperti itu ?. Sejujurnya kalimat tersebut merupakan sebuah motivasi agar kita tidak bermalas-malasan dalam menjalani aktifitas dipagi hari.

Namun tak hanya sekedar motivasi, bangun pagi ternyata juga memiliki manfaat yang cukup berguna bagi kesehatan tubuh kita. Sebuah penelitian terbaru mengungkap jika bangun tidur lebih awal bisa mencegah serangan penyakit yang cukup menakutkan bagi wanita, yakni kanker payudara.

Dalam penelitian terbaru tersebut ditemukan bukti bahwa orang-orang yang terbiasa bangun tidur di pagi hari, ternyata memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang suka bangun siang.

Sebuah studi kesehatan yang dilakukan di University of Bristol, Inggris, berdasarkan ratusan ribu data yang mereka bandingkan, ternyata mereka menemukan fakta unik bahwa mereka yang rajin bangun pagi, akan cenderung terhindar dari resiko kanker payudara 40 sampai 48 persen lebih rendah.

Penelitian ini semakin menguatkan penelitian sebelumnya yang mengatakan jika terjadinya peningkatkan risiko kanker payudara pada orang yang hobi begadang atau tidur larut malam. Mereka yang memiliki hobi begadang hingga larut malam, akan memiliki mutasi gen yang menyebabkan jam tubuh mereka berjalan dengan berbeda.

Dr. Rebecca Richmond, ketua tim penelliti tersebut mengatakan “Menggunakan varian genetika yang terkait dengan preferensi seseorang soal pagi atau malam, durasi tidur, dan insomnia, kami menyelidiki apakah ciri-ciri tidur ini memiliki kontribusi kausal terhadap risiko pengembangan kanker payudara,” jelasnya.

Kendati demkian, perlu di lakukan penelitian lebih lanjut kaitan antara kebiasan tidur seseorang dengan adanya ancaman penyakit kanker payudara.

“Kami ingin melakukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki mekanisme yang mendukung hasil ini. Karena perkiraan yang diperoleh berdasarkan pertanyaan yang berkaitan dengan preferensi pagi atau malam, daripada apakah orang-orang bangun lebih awal atau lebih lambat pada hari itu,” jelas Dr. Rebecca lebih lanjut.

Meski begadang beresiko menyebabkan penyakit kanker payudara lebih tinggi, namun bukan berarti tidur lebih lama akan terbebas dari resiko penyakit tersebut.

Dalam peneltian tersebut juga di temukan fakta mencengangkan bahwa wanita yang tidur lebih dari tujuh hingga delapan jam tiap harinya akan terpapar risiko terkena kanker payudara sebesar 20 persen per jamnya.


Jadi, mengatur ritme waktu istirahat yang cukup dan bangun pagi yang teratur merupakan solusi untuk mencegah penyakit kanker payudara menyerang anda sedini mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *