Apa Saja Bahan Berbahaya Yang Ada Pada Kosmetik, Yuk Kita Cari Tahu

oleh
Apa Saja Bahan Berbahaya Yang Ada Pada Kosmetik, Yuk Kita Cari Tahu

Apa Saja Bahan Berbahaya Yang Ada Pada Kosmetik, Yuk Kita Cari Tahu – Kosmetik dan wanita adalah dua hal yang tak dapat di pisahkan. Kosmetik merupakan bisa di bilang “nyawa” kedua bagi wanita agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Tak sedikit wanita yang rela menghabisan uang jutaan rupiah hanya demi membeli kosmetik mahal untuk menunjang penampilan mereka.

Namun ternyata, tak semua kosmetik yang ada di pasaran saat ini aman untuk di gunakan. Harga mahal dan merk terkenal tak menjamin kosmetik yang ladies gunakan aman untuk di pakai. Oleh karena itu, kecermatan, ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih produk kosmetik dan kecantikan harus lebih di utamakan.

Hal tersebut di karenakan, terdapat bahan-bahan tertentu dalam produk kosmetik yang dapat membahayakan kesehatan pemakainya.

Dalam sebuah penelitian, wanita dalam seharinya menggunakan lebih dari 10 jenis produk kecantikan untuk menunjang penampilannya, mulai dari bedak, lipstik, eye shadow dan lain-lain.  Hal ini membuat mereka yang menggunakan kosmetik tersebut lebih rentan terpapar sekitar 126 jenis bahan kimia yang ada dalam kosmetik.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Bahan Alami

Selain berbahaya bagi kulit, beberapa bahan kimia yang tidak sesuai dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem reproduksi, kanker bahkan diabetes. Alih-alih menjadi cantik, kosmetik berbahan kimia berbahaya justru akan membuat anda menderita.

Oleh karena itu, kali ini JalanSehat akan membahas beberapa kandungan bahan berbahaya yang ada pada kosmetik, agar para wanit, baik ibu-ibu maupun remaja putri bisa lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan yang akan di gunakan.

Merkuri

Bahan berbahaya yang ada pada kosmetik yang pertama adalah Merkuri. Bahan ini biasanya di tambahkan pada produk kosmetik seperti eye shadow, perona wajah serta bahan tambahan pada bedak yang berfungsi sebagai bahan pengawet.

Bahkan, merkuri juga di temukan pada pada produk kecantikan berupa krim untuk pemutih badan. Jika kadar merkuriyang ada dalam kosmetik tersebut melebihi batas, maka dapat beresiko menyebabkan kerusakan pada otak dan saraf, ginjal,  paru-paru, serta kerusakan sistem kekebalan tubuh dan saluran pencernaan

Formalin

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah Dengan Cara Alami

Formalin, bahan yang satu ini sering kita dengar yang identik sebagai bahan pengawet yang di larang, karena salah satu fungsinya adalah untuk mengawetkan orang yang sudah meninggal.

Dalam Formalin terdapat zat bersifat karsinogen, yang berarti zat tersebut memicu penyakit kanker. Ada beberapa jenis kosmetik yang kemungkinan mengandung formalin dalam produknya, misalnya kuteks, gel rambut, lem bulu mata, sabun mandi, sampo bayi, serta produk untuk pelurus rambut.

Jika terlalu sering terkena zat Formalin beresiko menyebabkan tenggorokan sakit, batuk, mata terasa gatal, mimisan, sesak nafas, gangguan pernafasan, bahkan yang paling parah bisa terserang penyakit kanker.

Phthalates

Zat berbahaya pada kosmetik lainya yaitu, Phthalates. Zat ini adalah bahan kimia yang terdiri dari tiga unsur yakni, diethylphthalate (DEP), dimethylphthalate (DMP), dan dibutylphthalate (DBP).

Zat ini biasa di temuai sebagai bahan tambahan pada kosmetik yang berupa produk cat kuku, sampo, parfum, sabun, losion, dan hair spray.

Pengunaan kosmetik dan produk kecantikan yang berbahan Phthalates, sangat di larang untuk di gunakan pada wanita yang tengah hamil. Sebuah penelitian menunjukan jika bahan berbahaya pada kosmetik berupa zat phthalates ini bisa meningkatkan risiko keguguran dan juga memicu penyakit diabetes gestasional.

Timbal

Baca Juga :  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Yang Perlu Wanita Ketahui

Hindari pula kosmetik dan produk kecantikan yang mengandung bahan Timbal. Timbal sendiri adalah merupakan zat atau logam beracun yang sering ditemukan pada lipstik, selain memicu penyakit kanker Timbal juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf .

Selain beberapa bahan di atas, beberapa bahan berbahaya yang ada pada kosmetik yang tidak baik untuk kesehatan adalah kloroform, triclosan, vinyl chloride, bithiniol, dan methylene chloride.

Oleh karena itu, bagi para wanita untuk lebih hati-hati dalam memilih kosmetik yang kan di gunakan. jangan tergoda oleh harganya yang murah, atau mahal.

Karena murah belum tentu jelek, dan mahal belum tentu bagus. Baca dahulu secara teliti kandungan yang terdapat pada kosmetik yang akan di beli. Jika terdapat senyawa atau bahan berbahaya yang ada pada kosmetik yang di sebutkan di atas lebih baik di hindari.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *