5 Bahan Alami Berikut Ini Bisa Di Gunakan Untuk Obat Luka Lambung

oleh
5 Bahan Alami Berikut Ini Bisa Di Gunakan Untuk Obat Luka Lambung

Bila anda sering mengalami rasa nyeri pada ulu hati, rasa mual atau rasa ingin muntah, sering bersendawa, bisa jadi kemungkinan hal yang anda alami tersebut merupakan tanda dari penyakit luka lambung atau sering juga disebut juga dengan tukak lambung.

Timbulnya tukak lambung ini biasanya disebabkan oleh adanya peningkatan asam lambung yang menyebabkan permukaan dalam (mukosa) lambung menjadi terkikis,sehingga menyebabkan rasa nyeri.

Penyakit tukak lambung ini lebih sering diderita oleh orang yang sudah berusia lanjut biasanya yang sudah berusia di atas 60 tahun. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan tukak lambung  ini juga dapat terjadi pada siapa saja dan semua usia.

Untuk mengatasi permasalahan luka lambung ini, terdapat beberapa bahan-bahan alami yang bisa Anda coba untuk di gunakan dalam mengobati luka, selain dengan menjalani pengobatan dari dokter tentunya.

Bahan-bahan alami berikut ini sangat mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Selain harganya yang murah dan mudah didapat, mengobati luka lambung dengan bahan alami juga sangat aman karena merupakan bahan alami yang tanpa efek samping.

Baca Juga :  Bahan Herbal Berikut Ini Cukup Ampuh Untuk Mencegah Penyakit Leukemia

5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Luka Lambung

Sebenarnya hal mendasar yang harus diperhatikan untuk mengatasi luka lambung ini adalah dengan mengatur pola makan yang teratur, mulai dari waktu makan yang tepat hingga jenis makanan yang dianjurkan atau dilarang untuk dikonsumsi.

Penderita tukak lambung ini disarankan untuk tidak mengkomsumsi makanan dengan cita rasa asam atau pedas yang berlebihan karena akan memperparah kondisinya.

Luka lambung yang dialami oleh penderita juga dapat berkembang menjadi kondisi kesehatan yang cukup berbahaya apabila tidak ditangani dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi luka lambung:

  • Ubi Jalar Putih

Menurut sejumlah penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan, mengonsumsi tanaman ubi jalar putih ini diketahui dapat mengatasi permasalahan luka lambung.

Kandungan tepung yang ada dalam ubi jalar putih ini dipercaya dapat melindungi mukosa lambung. Kendati demikian, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

  • Madu

Bahan herbal yang satu ini sudah tidak diragukanlagi khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk untuk mengatasi tukak lambung.

Seperti diketahui, madu merupakan antibiotik alami yang diyakini mampu mencegah pertumbuhan bakteri H.pylori yang menjadi penyebab luka lambung. Untuk membantu mengatasi luka pada lambung disarankan untuk mengonsumsi satu sendok madu setiap hari.

  • Lidah Buaya
Baca Juga :  Apa Itu Teh Detoks ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Selain dikenal sebagai bahan untuk pembuatan shampo, lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, salah satunya luka lambung.

Sifat antibakteri yang ada dalam tanaman ini dipercaya cukup ampuh untuk meringankan luka lambung yang sedang di derita.

  • Akar Manis (licorice)

Sama halnya seperti madu, akar manis (licorice) juga memiliki khasiat untuk kesehatan yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri H.pylori di lambung sebagai penyebab tukak lambung.

Dengan rutin mengonsumsi ekstrak licorice juga dapat meningkatkan produksi lendir yang melapisi permukaan lambung sehingga tidak mudah terluka.

Namun, sebelum anda menggunakan bahan herbal alami ini sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna menghindari kemungkinan adanya efek samping yang mungkin muncul.

  • Jus Kubis

Bahan alami yang satu ini lebih sering kita tamui sebagai bahan dasar untuk berbagai macam olahan sayuran dan juga salad sayur.

Baca Juga :  Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Namun, dengan membuatnya sebagai jus ternyata dapat di gunakan untuk mengatasi permasalahan tukak lambung yang sedang di derita.

Dalam beberapa penelitian kesehatan menemukan fakta mengejutkan bahwa sengan mengonsumsi jus kubis selain bermanfaat untuk mencegah tukak lambung, tapi juga sangat efektif mengatasi masalah pencernaan lain.

Beberapa bahan alami untuk mengatasi tukak lambung diatas tidak sepenuhnya dapat menggantikan manfaat dan fungsi obat-obatan medis yang diberikan oleh dokter yang merwat anda.

Penggunaan bahan-bahan alami ini hanya sebatas untuk  meringankan kondisi tersebut agar tak semakin bertambah parah.

Jika keluhan yang dialami tak kunjung berkurang atau justru bertambah berat terutama bila keluhan luka lambung ini disertai dengan muntah darah atau warna tinja yang tampak merah kehitaman, ada baiknya untuk segera pergi kodokter guna pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.