5 Bahan Alami Untuk Mengobati Sariawan Dengan Cepat

oleh
5 Bahan Alami Untuk Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Masalah kesehatan pada mulut yang satu ini bisa menimpa siapa saja, tanpa mengenal jenis kelamin dan usia penderitanya. Meskipun sariawan bukan tergolong pernyakit yang berbahaya, namun mengobati sariawan juga perlu dilakukan dengan segera.

Karena jika sudah terkena penyakit ini maka akan membuat penderitanya menjadi tak nyaman. Selain itu, ketika di gunakan untuk mengkonsumsi makanan akan terasa nyeri dan menimbulkan sensasi rasa perih.

Penyebabnya pun bisa bermacam, mulai dari adanya infeksi, kekurangan vitamin atau mineral, tidak sengaja menggigit lidah sendiri atau bagian dalam pipi, mengalami stres, perubahan hormon, bahkan bisa juga di karenakan alergi.

Penyakit sariawan yang ringan umumnya tidak membutuhkan pengobatan secara khusus, karena akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu antara 1-2 minggu.

Tujuan utama mengobati sariawan tersebut sebenarnya ditujukan untuk mengurangi gejala atau rasa nyeri yang diakibatkan akibat sariawan.

Karena jika dibiarkan makan akan membuat penderita menjadi semakin tak nyaman, makan tak enak dan juga terkadang susah untuk di buat bicara lancar.

Nah jika anda saat ini tengah menderita sakit sariawan dan tahan dengan rasa perih yang ditimbulkan, berikut ini adalah 5 bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati sariawan. Penasaran, apa saja bahan alami tersebut, berikut penjelasannya:

Baca Juga :  Sering Disepelekan, Inilah 6 Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit

5 Bahan Alami Untuk Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Untuk mengurangi rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan sakit sariawan, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa anda coba utuk mengobati sariawan:

  • Daun saga dan akar manis

Bahan alami berupa daun saga dan akar manis (licorice) sudah sejak lama dipercaya berkhasiat untuk mengobati sariawan.

Tak hanya sebagai bahan untuk untuk mengobati sariawan saja, tanaman ini sering digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit lain karena memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan.

Berbagai kandungan dan zat yang terdapat dalam tanaman itulah yang membuat daun saga mampu mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan.

  • Daun Sirih

Daun sirih di kenal sebagai bahan alami yang berguna untuk kesehatan gigi dan mulut. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dikunyah untuk mengeluarkan kandungan di dalamnya.

Tanaman daun sirih ini juga sering dipakai dalam berbagai pengobatan tradisional ini karena memiliki beberapa khasiat, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Kandungan yang ada dalam daun sirih inilah yang menjadikannya salah satu bahan alami yang cocok untuk obat sariawan.

  • Madu
Baca Juga :  Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Bahan alami berupa cairan bercita rasa manis yang di hasilkan oleh lebah ini, menurut sebuah penelitian, sangat efektif dalam mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka, termasuk luka akibat sariawan.

Untuk mengobati sariawan, cukup oleskan madu asli 4 kali dalam sehari. Selain untuk mengobati sariawan, mengoleskan madu di bibir juga akan membuat bibir anda nampak berkliau dan sehat.

  • Minyak Kelapa

Selain madu yang di gunakan sebagai obat oles alami untuk mengatasi sariawan, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa murni.

Minyak ini dipercaya dapat dengan cepat menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan akibat infeksi bakteri, selain juga membantu mengurangi kemerahan dan rasa nyeri yang di timbulka akibat sariawan.

  • Es batu

Meski terdengar aneh, namun nyatanya es batu bisa di gunakan lho untuk mengobati sariawan. Agar bisa mengunyah makanan atau minum air dengan lebih nyaman  saat sariawan, anda bisa mencoba cara ini.

Ambil beberapa potongan kecil es batu, lalu emut atau letakan es batu tersebut pada daerah sekitar sariawan agar nyerinya berkurang untuk sementara waktu. Dengan cara ini, anda bisa makan dan minum tanpa khawatir akan mengalami rasa perih akibat sariawan.

Baca Juga :  Bingung Memilih Obat Batuk Untuk Anak Anda, Coba Ramuan Herbal Ini

Namun perlu anda diingat, walaupun beberapa bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas bisa digunakan sebagai obat herbal untuk sariawan, namun hal ini sejauh ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektivitas dan keamanan setiap bahan.

Untuk cara yang lebih baik, anda bisa minta saran dokter gigi sebelum menggunakan obat-obatan apa pun untuk mengatasi sariawan yang anda derita, terutama bila anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain dari dokter, guna mencegah terjadinya efek samping.

Segeralah kunjungi ke dokter gigi jika sariawan yang anda derita tidak kunjung membaik dalam waktu tiga minggu, ukurannya semakin membesar, atau terasa sangat perih meski sudah minum obat pereda nyeri.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *