Apa Itu Teh Detoks ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

oleh
Apa Itu Teh Detoks ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Saat ini di pasaran, ada beragam jenis teh yang di klaim oleh produsennya bahwa produk buatan meraka tersebut dapat mengeluarkan racun-racun yang berada di dalam tubuh yang biasa di kenal dengan istilah teh detoks

Selain itu, dalam tiap kemasan promosinya disebutkan juga bahwa teh detoks di sebut-sebut dapat menurukan berat badan sebagai bonus tambahan bagi mereka yang rutin mengkonsumsinya. Dengan berbagai manfaat tersebut ada banyak sekali orang yang mempercayai khasiat dari teh detoks tersebut.

Akan tetapi, apakah semua hal yang disebutkan itu adalah benar? Menurut penjelasan ahli kesehatan dan gizi dr. Alyssa Ardolino, RD, dari  International Food Information Council menjelaskan jika teh detoks ini memang dapat menurunkan berat badan tetapi hanya bersifat sementara.

“Manfaat Tea detoks hanya akan membuang air atau sisa makanan dalam tubuh, namun mereka tidak memfasilitasi peningkatan pembakaran lemak, yang sangat penting untuk menurunkan berat badan yang sebenarnya secara berkelanjutan.”

Menurutnya, semua manfaat dan khasiat teh detoks yang selama ini gencar mereka promosikan hanyalah sebuah strategi pemasaran. Pada dasarnya, tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa teh detoksifikasi dapat meningkatkan kesehatan. Justru sebaliknya itu dapat menyebabkan bahaya.

Kandungan yang ada dalam teh detoks seperti bahan-bahan pencahar yang terdapat dalamnya diketahui dapat menyebabkan efek samping yang seperti diare, sakit perut, dan bahkan dehidrasi.

Teh detoks sendiri, selain mengandung sari teh itu sendiri, didalamnya biasanya juga terdapat bahan-bahan khusus yang diketahui memiliki sifat diuretik atau pencahar, serta berbagai kandungan zat yang berfungsi sebagai penekan nafsu makan. Mengapa dalam promosinya, oleh pembuatnya teh ini disebut mampu menurunkan berat badan.

Oleh karea itu, jika Anda tidak mengkonsumsi makanan apa pun dan hanya minum teh detoks sesuai dengan anjuran yang ada dalam kemasannya, dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda mungkin perlu mempertimbangkannya kembali.

Sebagai langkah yang lebih sehat dalam program diet untuk menurunkan berat badan, dr. Alyssa Ardolino, RD merekomendasikan untuk anda berbicara dan berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter maupun ahli diet terdaftar untuk mempelajari cara-cara yang tepat yang dapat anda dilakukan untuk program penurunan berat badan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *