Kenali Sejak Dini, 10 Gejala dan Ciri-Ciri Mata Katarak

oleh

Meskipun penyakit mata katarak lebih identik dengan penderita yang berusia tua, namun nyatanya gangguan penglihatan ini juga bisa saja di alami oleh mereka yang masih berusia muda. Karena itu, sangat penting untuk mengenali sejak dini gejala dan ciri-ciri mata katarak agar tak semakin bertambah parah.

Penyakit mata katarak boleh dibilangĀ  merupakan salah satu penyakit yang tak kenal usia. Mulai dari bayi, anak kecil, remaja atau orang usia lanjut sekalipun rentan terkena penyakit gangguan penglihatan ini.

Kendati demikian, pada umumnya penyakit mata katarak lebih sering di temui pada pasien yang dewasa. Mereka yang berusia di atas 40 tahun, adalah yang paling rentan terhadap penyakit mata katarak ini.

Mereka yang sering terpapar sinar matahari langsung tanpa pelindung mata (kaca mata), perokok (baik aktif maupun pasif), penderita yang memiliki riwayat kadar gula tinggi (diabetes), serta tengah menjalani terapi radiasi, juga berisiko terkena penyakit mata katarak.

10 Gejala dan Ciri-Ciri Mata Katarak

Berikut ini adalah 10 gejala dan ciri-ciri mata katarak yang sering di temui:

  • Terdapat warna putih di bagian hitam mata

Salah satu ciri-ciri mata katarak yang paling sering di temui dan menjadi ciri khas adalah adanya warna putih pada bagian mata, lebih tepatnya pada bagian lensa mata.

Sejatinya, bagian pada lensa mata ini memiliki permukaan yang bening atau transparan, namun jika dilhat dari luar hanya terlihat warna hitam saja.

Ketika penderita terindikasi terkena mata katarak, lambat laun permukaan lensa mata ini akan terlihat memutih seperti berawan, lalu kemudian akan berubah menjadi putih pekat.

Adanya warna putih inilah yang membuat penderitanya akan mengalami gangguan penglihatan, bahkan bisa saja mengalamu kebutaan jika tidak segera di tangani.

  • Penglihatan kabur di malam hari

Ketika mengalami mata katarak, pandangan penderita akan tampak normal-normal saja di siang hari, namun ketika menjelang malam hari menjadi lebih kabur.

Ketika ciri-ciri mata katarak ini sudah mulai terasa, ada baiknya tidak mengemudikan kendaraan di malam hari, karena akan sangat berbahaya akibat pandangan yang mulai terganggu.

  • Mata jadi sensitif terhadap cahaya

Gejala mata katarak berikutnya adalah mata yang jadi lebih sensitif terhadap cahaya. Misalnya, ketika mata terkena sorotan lampu kendaraan atau blitz kamera, maka mata penderita akan terasa sakit.

  • Seperti melihat lingkaran cahaya dimana-mana

Berhubungan dengan gejala no 1 di atas, ketika terdapat “awan” berwarna putih pada lensa mata, maka cahaya yang masuk ke mata akan menjadi menyebar.

Hal inilah yang membuat penderita seperti melihat lingkar cahaya saat menatap lampu atau sumber cahaya lainnya.

  • Pandangan menjadi seperti dua

Penderita mata katarak juga di tandai dengan gejala ketika melihat suatu objek akan terlihat menjadi dua. Kendari demikian, ketika melihat suatu objek menjdai ganda hal ini juga bisa disebabkan oleh gangguan medis lain seperti tumor otak, pembengkakan kornea, sklerosis ganda, atau stroke.

  • Pandangan terlihat menguning semua

Ketika penyakit mata katarak sudah mulai parah, maka gumpalan protein yang menutupi pada lensa mata akan berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan, yang berakibat pada pandangan penderita yang juga akan terlihat menguning.

  • Menjadi buta warna

Ketika penglihatan sudah mulai menguning semua, serta adanya gumpalan “awan” putih pda lensa mata maka penderita akan kesusahan dalam membedakan warna.

  • Kesusahan dalam memperkirakan objek

Ciri-ciri mata katarak selanjutnya adalah pendeerita akan mengalami kesusahan dalam memperkirakan kedalaman dan ketinggian dari suatu objek.

Sebagai contoh, saat melihat kolam renang, penderita akan merasa kesulitan untuk mengira-ngira seberapa dalam kolam renang tersebut. Selain itu, ketika ingin menjejakkan kaki ke anak tangga di depan mata, penderita juga akan kesulitan dalam mengira-ngira tinggi dari anak tangga tersebut.

  • Sulit beraktifitas di tempat yang kurang cahaya

Ketika penderita melakukan aktivitas seperti membaca, menjahit, menulis, atau membuat kerajinan, maka jika matam mengalami gangguan katarak akan selalu membutuhkan cahaya lebih terang atau posisi lampu yang dekat letaknya.

  • Tak bisa melihat jelas meski sudah pakai kaca mata

Banyak yang mengira jika ketika pandangan mulai kabur hal itu disebabkan oleh gangguan mata minus atau silinder. Kendati sudah menggunakan kaca mata, hal itu tidak merubah pandangan menjadi lebih baik.

Demikian informasi mengenai gejala dan ciri-ciri mata katarak yang harus mulai di waspadai sejak dini. Dikarenakan gangguan mata ini dapat memicu kebutaan kalau dibiarkan terus-menerus, maka jika anda atau keluarga anda mengalami gejala dan ciri-ciri di atas sebaiknya untuk segera menemui dokter ahli untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *